Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BALITBANG KAJI DAMPAK PROGRAM RUMAH LAYAK HUNI TERHADAP PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

BALITBANG KAJI DAMPAK PROGRAM RUMAH LAYAK HUNI TERHADAP PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

(792 Views) Juni 23, 2016 8:13 am | Published by | 2 Comments

Sangatta – Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupten Kutai Timur melakukan penelitian dampak program rumah layak huni terhadap penurunan angka kemiskinan. Penilitian ini nantinya akan menjadi acuan untuk mengevaluasi program rumah layak huni tersebut, jika memang program tersebut berdampak positif maka akan dilanjutkan sebaliknya jika hasilnya tidak berdampak positif maka akan dilakukan perbaikan dalam programnya.

Indikator kemiskinan maupun kesejahteraan masyarakat yang pertama diukur dari rumah yang layak, baik dari segi kelayakan bangunannya maupun berbagai penunjang kebutuhan dari rumah tersebut seperti tersedianya tempat pembuangan air besar yang sehat, penerangan dan juga ketersediaan air bersih.

Dalam laporan antara yang disajikan Balitbang yang di paparkan Kepala Balitbang, Zubair pagi tadi (23/6) mengatakan, dengan pembangunan rumah layak huni tentunya memiliki dampak terhadap masyarakat, namun dampak positif maupun negatifnya masih belum bisa disajikan karena masih dalam proses analisis. Namun sampai dengan saat ini dampak dari pembangunan rumah layak huni tersebut lebih ke arah positif. Dengan membangunkan rumah layak huni dapat memberikan dampak positif terhadap penerima bantuan tersebut. Namun dampak kesejahteraan tidak dapat dilihat pada kesejahteraan masyarakat keseluruhan, penilaian kesejahteraan dilakukan pada induvidu yang mendapatkan bantuan rumah layak huni.

Berbagai faktor yang mempengaruhi peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi perhatian setiap pemegang kebijakan di pemerintah, demikian dengan Kutai Timur. Peningkatan kesejahteraan dilakukan dalam berbagai program diantaranya dengan pembangunan rumah layak huni. Program pembangunan rumah layak huni di Kabupaten Kutai Timur sudah dilakukan sejak tahun 2012.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments