Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Balitbang Kutim, Akan Buat Pilot Project Air Bersih di Desa Benua Baru Kec.Sangkulirang

Balitbang Kutim, Akan Buat Pilot Project Air Bersih di Desa Benua Baru Kec.Sangkulirang

(509 Views) April 27, 2016 9:44 am | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Balitbang Kabupaten Kutai Timur, Zubair mengatakan Kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten Kutai dengan Universitas Mulawarman Samarinda, Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur, hari ini berkaitan dengan penyelenggaraan Pemerintahan dan Pemabangunan Daerah. Hal tersebut dikatakan Zubair ditemui awak media usai pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman antar Universitas Mulawarman Samarinda, Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur, yaitu melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Kutai Timur, diruang Tempudan Kantor Bupati, Rabu (27/4)

Zubair menjelaskan kerjasama tersebut dengan topik/tema yakni pendidikan, kelitbangan dan pengemabngan masyaraka. Dengan Kerjasama tersebut, diharapakan dapat mengeluarkan rekomendasi didalam penentuan mengeluarkan kebijakan-kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Sehingga kedepan diharapkan kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur ini, adalah berdasarkan hasil kajian, agar tepat sasaran yang ujung-nujungnya dapat bermanfaat bagi masyarakat Kutai Timur.

Lebih lanjut, Zubair mengungkapkan bahwa Balitbang Kutim mencoba memberikan solusi permasalahan klasik yang terjadi Kabupaten Kutai Timur berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat yaitu air dan listrik. Balitbang Kutim mencoba merekayasa atau mendesain satu alat tekonologi tepat guna yang ramah lingkungan, murah dan mudah dipakai masyarakat. Untuk pengolahan air bersih dan untuk menghasilkan energi listrik. Inilah yang menjadi salah  satu program aplikatif Balitbang yang diharapkan bisa mengatasi masalah-masalah air bersih, khususnya bagi desa-desa yang belum sampai saat ini tersentuh atau teraliri air bersih dan listrik. Dalam waktu dekat Balitbang akan buat percontohan air bersih (Pilot Project) atau uji coba yakni di Desa Benua Baru Ulu Kecamatan Sangkulirang. dikatakan alat tersebut sudah dibuat tinggal diterapkan dilapangan.

Voice Zubair_Alat Air Bersih

 Lebih jauh Zubair mengatkan, jika alat tersebut berhasil maka akan bisa digunakan oleh seluruh  desa-desa lainnya atau di Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Sedangkan pengelolaannya akan dikelola dari masyarakat melalui BUMDES hal ini sesuai dengan Visi Misi Bupati Desa membangun, pihaknya hanya memberikan stimulus fasilitas selanjutnya maentenance dan pengoperasian alat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments