Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bappeda Kutim Segera Rampungkan Penyusunan Strategi Sanitasi Kabupaten Kutai Timur

Bappeda Kutim Segera Rampungkan Penyusunan Strategi Sanitasi Kabupaten Kutai Timur

(442 Views) November 12, 2015 7:51 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemkab Kutai Timur kini tengah menyelesaikan rancangan program strategi sanitasi kabupaten. Program yang meliputi penanganan pemukiman kumuh, pengolahan sanitasi dan air bersih warga.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur Suprihanto, pagi tadi, mengatakan bahwa penyusunan strategi sanitasi kabupaten ini sudah hampir final. Program ini akan dimasukkan dalam RPJMD Kutim yang akan datang. Selain itu melalui program ini, Pemkab Kutim akan meminta dukungan anggaran melalui APBN dan APBD Provinsi.

Didampingi Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Sumarjana, dijelaskan bahwa program stategis sanitasi Kabupaten ini meliputi pengelolaan sanitasi dan limbah rumah tangga, termasuk drainase dan sampah. Selain itu, pemenuhan air bersih juga menjadi salah satu poin penting dalam program ini.

Lanjutnya, dalam program strategi sanitasi kabupaten, penanganan pemukiman kumuh juga akan menjadi salah satu pekerjaan yang harus diselesaikan. Pemerintah Kutim berencana menata ulang pemukiman yang ada di sepanjang bantaran sungai Sangatta, baik yang ada di Sangatta Utara maupun Sangatta Selatan, terutama yang berlokasi di pinggiran sungai pada pasar Sangatta Selatan. Dengan luasan 70 hektar kawasan tersebut dikategorikan dalam kawasan kumuh.

(voice)

Lebih jauh dikatakan, perampungan penyusunan strategis sanitasi kabupaten ini dipastikan akan selesai sebelum akhir tahun ini. Termasuk sinkronisasi dengan program 1000 jamban rakyat yang saat ini sedang dilaksanakan oleh TNI-AD.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments