Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bappeda Kutim Siap Dukung Program Budidaya Peternakan

Bappeda Kutim Siap Dukung Program Budidaya Peternakan

(407 Views) Mei 26, 2016 10:35 pm | Published by | No comment

Sangatta. Upaya pengembangan budidaya sapi perah yang dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur, mendapatkan respon positif dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur.

Menurut Kabid Ekonomi Bappeda Kutim Wahyu Gatut Purboyo, dalam Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Timur, tentu saja ada target pemenuhan produksi susu bagi masyarakat. Untuk Distanak Kutim sendiri, sudah memilik rencana startegis (Restra) untuk memenuhi targetnya. Selama ini produksi susu Kutai Timur dipenuhi dari daerah luar.

Namun ternyata Kutai Timur sendiri mempunyai potensi untuk pengembangan sapi perah untuk menyokong pemenuhan produksi susu sapi dari dalam daerah Kutim sendiri. Terkait penganggaran pembiayaan, tentu ujar Wahyu, Bappeda akan mendukung Distanak Kutai Timur. Akan tetapi tentu perlu juga disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah yang ada. Sehingga ada dua hal yang ditawarkan, apakah nantinya Distanak Kutim mau fokus dalam pengembangan budidaya sapi perah ataukah sapi pedaging.

(Voice : Bappeda Wahyu – Dukung Pengembangan Sapi di Kutim)

Lebih jauh dikatakan Wahyu Gatut, tak hanya mendukung program pengembangan sapi, akan tetapi Bappeda Kutim juga siap mendukung penuh program  budidaya peternakan secara umum, mulai dari ayam, kambing hingga sapi. Hal ini karena potensi-potensi budidaya peternakan ini menjadi salah satu indikator ketahanan pangan Kutim dalam RPJMD 2016-2021. Jika salah satunya mengalami penurunan maka akan menurunkan indikator ketahanan pangan Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments