Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bayi Lahir Langsung Punya Akte Kelahiran

Bayi Lahir Langsung Punya Akte Kelahiran

(2061 Views) Februari 11, 2016 8:28 am | Published by | 102 Comments

Sangatta. Sebagai upaya terobosan dan selangkah lebih maju dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangatta dalam pelayanan pencetakan dan penerbitan akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Kutim Januar Harlian Putra Lembang Alam, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menggodok kesepakatan bersama (MoU) dengan RSUD Kudungga dan rencananya juga akan ada salah satu RS Swasta di Kota Sangatta, yang akan diajak berkerjasama dalam sistem penerbitan akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir di RS tersebut. Pola dan mekanismenya saat ini tengah dirancang, karena selain pengurusannya yang gratis di Disdukcapil juga diupayakan pelayanan yang cepat. Hingga jika ada pasien atau ibu hamil yang akan melakukan rawat inap di RSUD untuk melahirkan, jika pulang dari RS selain membawa bayi juga sudah membawa akta kelahiran sang anak. Walaupun sistem ini diakui Januar sudah diterapkan di Balikpapan dan Tenggarong, namun hal ini merupakan hal pertama di Kutim sebagai wujud pemberian pelayanan prima kepada masyarakat. Jika sistemini dapat berjalan lancar maka tidak menutup kemungkinan juga akan diterapkan di Kecamatan lainnya di Kutim, namun tentu secara bertahap.

(voice : Dukcapil Januar – Akta Kelahiran)

Sementara itu, hal senada juga dilontarkan Direktur RSUD Kudungga Sangatta, dr Bahrani Hasanal. Kepada awak media dirinya mengakui jika sudah ada pembicaraan dengan Kadis Dukcapil Kutim terkait MoU penyelenggaraan pelayanan penerbitan Akta kelahiran yang melibatkan RSUD Kudungga.

Dikatakan, upaya tersebut merupakan terobosan dan langkah Disdukcapil Kutim yang harus diacungi jempol dan akan didukung penuh oleh RSUD Kudungga. Apalagi jika orang tua jabang bayi sudah menyiapkan mana bagi si bayi, maka jika akta kelahiran dicetakkan kelak langsung tertera nama anak. Dengan sistem ini, rumah sakit tidak lagi perlu mengeluarkan surat keterangan lahir bagi sang bayi karena langsung memiliki akta kelahiran.

Namun karena RSUD Kudungga merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), maka tidak menutup kemungkinan adanya pungutan retribusi dalam pelayanan tersebut. namun tentu nilainya sangat kecil dan bahkan tidak sampai Rp 20.000,. Walaupun diakui saat ini pengurusan akta kelahiran di Disdukcapil sendiri sudah gratis. Sehingga dirinya menilai perlu adanya aturan jelas seperti Perda yang mengatur mekanisme tersebut. Jika Perda menetapkan mekanisme pengurusannya gratis, maka RSUD akan tunduk pada aturan tersebut.

(Voice : dr Bahrani Hasanal – Akta Kelahiran)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

102 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments