Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Baznas Kutim Targetkan Penerimaan Zakat Rp 7,5 Miliar di Tahun 2016

Baznas Kutim Targetkan Penerimaan Zakat Rp 7,5 Miliar di Tahun 2016

(514 Views) Februari 26, 2016 9:00 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Badan zakat nasional (Baznas) Kutai Timur, tahun ini menargetkan penerimaan zakat mencapai Rp 7,5 miliar. Tak muluk-muluk, standar target ini ditetapkan karena pada tahun 2015 lalu, capaian zakat yang berhasil dikumpulkan Baznas Kutim menembus angka lebih dari Rp 6 Miliar.

Ketua Baznas Kutim Idrus Yunus mengatakan, pada tahun 2015 lalu dari target zakat sebesar Rp 5 miliar ternyata mampu menembus lebih dari Rp 6 miliar. Walaupun demikian, angka ini masih didominasi 80 persen dari pengumpulan zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kutim. Sementara bagi pegawai swasta khususnya karyawan perusahaan di Kutim baru mendekati 10 persennya saja.

Lanjutnya, memang perlu lebih melakukan pendekatan dan menanamkan pemahaman kepada para karyawan swasta ini mengenai zakat dan hikmah zakat. Namun dirinya optimis pada tahun ini jika lebih dari 50 persen saja karyawan swasta di Kutim aktif dalam penyetoran zakat ini, maka target Rp 7,5 miliar zakat pada tahun ini dapat tercapai.

(Voice : Ketua Baznas Idrus Yunus – Target Zakat Rp 7,5 M)

Lebih jauh dikatakan Idrus, untuk mencapai target zakat ini dirinya sudah bersurat kepada Baznas Pusat, Kementrian Perkebunan dan Kementrian Energi dan Mineral untuk memberikan dukungan dan suport kepada Baznas Kutim dalam pelaksanaan penarikan zakat bagi karyawan perusahaan khusus karyawan muslim. Bahkan jika memungkinkan, bagi perusahaan yang menolak bekerjasama dalam program zakat ini, bisa ditinjau kembali izin domisi perusahaan tersebut. Dirinya berharap ada respon positif dari ketiga lembaga tersebut agar program zakat yang bukan hanya sekedar kewajiban ummat dalam hal beragama tetapi juga menjadi salah satu program pembdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin dapat terwujud.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments