Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BBM Eceran Dilarang, Nelayan Pesisir Dipastikan Menjerit

BBM Eceran Dilarang, Nelayan Pesisir Dipastikan Menjerit

(436 Views) Maret 18, 2015 9:43 pm | Published by | No comment

Sangatta. Dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati (Perbup) Kutai Timur Nomor 48 Tahun 2014 tentang Pengaturan, Pengawasan dan Pengendalian Bahan Bakar Minyak Bersubsidi, tentunya pemerintah daerah akan segera melakukan pengetatan distribusi BBM bersubsidi khususnya bagi pedagang BBM eceran. Namun pembatasan ini tentunya juga akan berimbas bagi masyarakat dan nelayan yang berada di pesisir Kutim, yang memang selama ini sangat tergantung pada penjual BBM eceran.
Menurut anggota DPRD Kutim Alfian Aswad, memang permasalahan penjualan BBM eceran yang ada saat ini, khususnya di daerah pedalaman pemerintah berupaya tutup mata. Hal ini dikarenakan kepentingan masyarakat kecil terlebih nelayan harus lebih diutamakan, dan sepanjang stok BBM di SPBU masih ada, dirasa tidak masalah.
Lanjut Ketua DPC Partai Demokrat Kutim ini, ada baiknya pemerintah daerah segera memberikan solusi, seperti pembuatan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) untuk memenuhi kebutuhan nelayan pesisir. Seperti di Kecamatan Sandaran, karena tidak ada SPBU atau SPBN, maka nelayan terpaksa membeli solar dengan harga Rp15.000 perliter hingga Rp25.000 perliter. Jika kemudian pemerintah melakukan pembatasan dan pengetatan BBM subsidi dan melarang pedagang BBM eceran, maka bisa dipastikan berapa harga BBM di daerah tersebut. Padahal nelayan jika ingin melaut harus membeli solar minimal 20 liter untuk dua hari, namun tetap tidak sebanding dengan keuntungan hasil tangkapan mereka.
(voice)
Lebih jauh Alfian mengatakan, Pemkab harus bersikap bijak dengan permasalahan BBM eceran ini. Jika memang ingin melaksanakan Perbup tersebut, ada baiknya Pemkab terlebih dahulu menyiapkan segala fasilitas layanan umum seperti SPBU atau SPBN khususnya bagi daerah yang ada di pedalaman Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments