Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bekerjasama Untuk Konservasi Di Kutai Timur

Bekerjasama Untuk Konservasi Di Kutai Timur

(828 Views) Agustus 18, 2015 12:59 pm | Published by | No comment

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) berkomitmen tinggi dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan konservasi keanekaragaman hayati serta ekosistemnya secara berkelanjutan. Komitmen dimaksud kemudian dituangkan dalam suatu bentuk kerjasama “Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya Secara Berkelanjutan” di Kutim, dengan The Nature Conservancy (TNC). Peresmian dan penandatangan kerjasama dimaksud dilakukan di Jakarta belum lama ini.

Kesepakatan ini dibuat untuk menjawab tantangan pembangunan dan konservasi ke depan. Dimana tantangan dimaksud semakin besar dan membutuhkan kerjasama serta pembagian peran antara berbagai pihak. Kerjasama TNC dan Pemkab Kutim telah dirintis sejak tahun 2002 melalui pengelolaan Hutan Lindung Wehea bersama masyarakat adat Wehea serta dunia usaha. Keberhasilan pengelolaan Hutan Lindung Wehea pun telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak. Terbukti dengan diraihnya berbagai penghargaan nasional dan internasional seperti Kalpataru dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (2008), Schooner Award (Kanada, 2008), serta  penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI kepada Kepala Adat Wehea Bapak Ledjie Taq (2010). “Upaya-upaya pengelolaan sumberdaya alam yang dilakukan secara bijaksana merupakan keniscayaan.

Pembangunan Kutai Timur dengan visi lingkungan yang kuat pastinya akan membawa Kutai Timur menjadi kabupaten terkemuka dengan sumber daya alam hayati yang tetap lestari dan masyarakatnya sejahtera. Bermitra dengan LSM seperti TNC merupakan peluang yang sangat baik bagi Kutai Timur untuk mencapai impian tersebut,”ungkap Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman terkait kerjasama dalam pengelolaan kawasan konservasi tersebut. Sementara itu Rizal Algamar dari TNC mengatakan dengan mengutamakan pendekatan ilmiah, kerjasama TNC dan Pemkab Kutim bersifat inovatif. Diharapkan mampu menjawab kebutuhan Pemkab Kutim dalam pengelolaan dan konservasi sumberdaya alamnya. Lebih lanjut Rizal menguraikan, dalam kerjasama ini TNC ingin memberikan penekanan terhadap beberapa program penting yang sedang dan akan dikerjakan bersama. Seperti pengelolaan habitat orangutan skala bentang alam Wehea raya, yang merupakan kerjasama Pemkab Kutim/BP Wehea, TNC, dunia usaha (HPH, HTI, sawit), Pemprov Kaltim, dan Masyarakat Adat Wehea.

Acara MoU TNC-Pemkab Kutim by Peggy TNC (2)Berikutnya pengelolaan ekosistem karst yang saat ini sedang dalam proses pengusulan sebagai  Warisan Dunia (World Heritage) UNESCO dan rencana replikasi skema pemberdayaan masyarakat. “Pengelolaan habitat orangutan skala bentang alam Wehea merupakan terobosan penting bagaimana konservasi bisa bergandengan tangan dengan bisnis dan kepentingan masyarakat local,” jelasnya. Direktur Program Terrestrial TNC Indonesia Herlina Hartanto menambahkan, selain dengan Pemkab Kutim, pihaknya juga akan bekerja lebih erat dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) untuk meningkatkan pencapaian hasil konservasi yang lebih besar dan luas. Melalui kegiatan replikasi program yang selama ini sudah dilaksanakan oleh TNC bersama mitra utama di Kutim dan Berau. “Kami berharap kerjasama dan kontribusi Pemkab Kutai Timur akan memperkuat upaya-upaya program konservasi skala luas yang kami dorong di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Untuk diketahui TNC adalah organisasi konservasi terkemuka yang bekerja di 35 negara di seluruh dunia. Memiliki misi melindungi darat dan perairan di mana semua kehidupan bergantung. Di Indonesia, TNC telah bekerja dalam kemitraan konservasi dengan pemerintah, masyarakat dan sektor swasta selama lebih dari 20 tahun. Memajukan solusi untuk perlindungan hayati, pengelolaan SDA dan perubahan iklim untuk kepentingan masyarakat serta alam.  Dengan menggunakan model-model pengelolaan sumberdaya alam yang berbasis sains, TNC memberikan solusi dalam penyusunan kebijakan dan mempengaruhi tata kerja dan kelola yang berakibat pada bertambahnya konservasi darat dan laut di Indonesia yang dikelola secara efektif. Untuk lebih jauh mengetahui berbagai kegiatan organisasi lingkungan ini, masyarakat dapat mengakses informasi dengan mengunjungi www.nature.or.id yang merupakan website resmi TNC.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments