Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Belajar dari Hilangnya Sipadan-Ligitan / TNI-AL Komitmen Amankan Ambalat

Belajar dari Hilangnya Sipadan-Ligitan / TNI-AL Komitmen Amankan Ambalat

(2737 Views) Maret 3, 2016 4:49 am | Published by | 227 Comments

Sangatta. Panglima Komando Armada Timur Laksamana Muda TNI Darwanto, mengakui jika hubungan Indonesia dengan Malaysia terkadang cukup alot, terutama dalam permasalahan status batas wilayah negara. Hal ini diakui Darwanto saat melakukan kunjungan ke Sangatta dalam rangka penutupan Latihan Pra Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia, kemarin.

Kepada media, dirinya menuturkan bahwa jika mengacu pada Unclos 1982 yang meyatakan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan, sebenarnya kita memiliki kewenangan dalam menarik garis batas wilayah. Namun ternyata pemerintah Indonesia dan TNI terlena sehingga terjadi status Quo dari Malaysia terhadap kawasan Ambalat yang menyebabkan hilangnya pulau Sipada-Ligitan milik Indonesia.

Lanjutnya, saat penetapan status Quo kepulauan Ambalat oleh Malaysia, Pemerintah mulai Pusat hingga Daerah dan termasuk TNI seakan tertidur dan tidak berfikir. Sementara Malaysia sudah belajar hingga 20 tahun bagaimana cara mengambil pulau Sipadan dan Ligitan yang berada di Bulungan. Sehingga menyebabkan Indonesia kalah di Mahkamah Internasional akibat effektive occupation. Hal ini menjadi pelajaran berharga dan harus dibayar mahal oleh Pemerintah Indonesia dan tidak boleh terjadi dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia, termasuk yang ada di wilayah Ambalat.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Panglima Komando Armada Timur Laksamana Muda TNI Darwanto, belajar dari hilangnya Sipadan dan Ligitan inilah, kini TNI-AL berkomitmen siap mengamankan seluruh perairan dan pulau-pulau yang ada di Indonesia terutama yang ada di perbatasan, agar tidak kembali diakui dan diambil oleh negara lain. Bahkan instruksi tegas telah dikeluarkan dari Panglima TNI dan Kepala Staf AL (KASAL), bagi siapapun yang mengganggu wilayah kedaulatan RI.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

227 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments