Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Belum Ada Wadah Pemasaran, Batik Tulis Asli Kutai Timur Asing di Daerahnya Sendiri

Belum Ada Wadah Pemasaran, Batik Tulis Asli Kutai Timur Asing di Daerahnya Sendiri

(630 Views) Maret 15, 2015 9:35 pm | Published by | No comment
Sangatta. Ternyata kualitas produk-produk kerajinan asli Kutai Timur tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan produk kerajinan olahan dari luar Kaltim, mulai dari hasil tekhnologi tepat guna hingga hasil kerajinan olahan rakyat, yakni batik. Namun ternyata masyarakat Kutim sendiri belum begitu familiar dan bahkan tidak begitu tertarik dengan  produk-produk olahan asli Kutai Timur ini.
Menurut Wakil Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, jika tidak sekarang, kapan lagi masyarakat Kutim bisa kenal dan bangga dengan produk-produk lokal asli buatan industri kreatif warga sendiri. Seperti batik tulis Kutim yang di produksi dari Kecamatan  Rantau Pulung, Desa Kabo dan Kecamatan Bengalon, yang tidak kalah kualitasnya dengan batik Solo dan Jogyakarta. Bahkan pengrajin batik tulis ini mengunakan pewarna dari getah kayu ulin yang kini sudah mulai sulit ditemukan. Sementara itu dirinya sudah pernah menginstruksikan agar PNS maupun Honorer Kutim wajib menggunakan pakaian batik asli Kutim ini setiap Kamis, namun rupanya belum begitu menjadi perhatian setiap SKPD.
Lanjutnya, memang yang menjadi kendala, hingga kini belum ada rumah besar tempat memperkenalkan dan pemasaran produk olahan dan kerajinan ini di Kota Sangatta, yang memang digawangi oleh Disperindag serta Dinas Koperasi dan UKM Kutim. Walaupun ada otlet penyedia produk olahan asli Kutim ini, itu pun milik swasta dan harganya sangat mahal, sehingga cukup menguras kantong pembelinya dan karena terkesan eksklusif sehingga masyarakat enggan untuk berkunjung apalagi membelinya.
Sehingga hal ini mungkin menjadi pekerjaan rumah kepemimpinan Bupati yang akan datang, untuk memikirkan dan  menggarap produk-produk olahan asli Kutim ini, agar memiliki nilai jual lebih dan bisa diperhitungkan masyarakat serta memiliki nilai saing dengan produk-produk luar Kutim.
(voice)
Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments