Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BENTUK TIM TERPADU UNTUK KARST

BENTUK TIM TERPADU UNTUK KARST

(538 Views) April 25, 2016 8:24 am | Published by | No comment

SANGATTA – Obyek wisata bertaraf internasional Karst saat ini dalam proses pemataan. Pemataan gua-gua yang ada di kars ini diperkirakan memakan waktu satu sampai dengan dua tahun kedepan dikarenakan banyaknya jumlah gua yang mencapai ribuan. Pemetaan ini dilakukan untuk mencari titik koordinat lubang.

Pemataan dilakukan tim balai peninggalan cagar budaya, ITB dan pemerhati lingkungan yang dibagi menjadi dua tim. Tim pertama akan turun ke gua mardau, payau, ceruk, Lombok, ceruk apil, lubang apil dan lubang pran. Tim kedua akan turun ke lubang mengkuris dan lubang misna.

Penjagaan gua juga sudah mulai dilakukan, sampai dengan saat ini ada lima pejaga yang ditugaskan untuk menjaga di daerah kongbeng, Merdua, Tewe, Tooyan dan Gunung Gergaji. Rencananya pada tahun ini dinas pendidikan akan mengusulkan kembali dua penjaga untuk gua sekitar liang cerek.

Menanggapi batu yang mengalami pengurasakan karena dipilok, Kepala Dians Pemuda dan Olah Raga, Dwi Susianto mengatakan, akan ada ahli batu dari balai Borobudur yang akan mengecek ke liang cerek yang direncanakan memakan waktu sepuluh hari untuk melakukan perbaikan batu yang mengalami kerusakan karena dipilok. Pemilokan batu ini diperkirakan sejak tahun 2007 namun baru diketahui akhir-akhir ini.

Selanjutnya Wakil Bupati, Kasmidi Bulang meminta dinas Pemuda dan Olahraga untuk membuat tim terpadu dalam menangani persiapan karst sebagai obyek wisata bertaraf international. Tim ini nantinya akan beranganggotakan perwakilan dari dinas kehutannan, pekerjaan umum, bagian hukum, dinas pendidikan dan bapedda. Kedepannya karst ini dapat menjadi tambahan bagi PAD.

(Voice – Wakil Bupati KARST)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments