Menu Click to open Menus
Home » Pariwisata » Berbagai Tarian Traditional Meriahkan Pesta Adat Panen Raya Suku Dayak Kayan Miau Baru

Berbagai Tarian Traditional Meriahkan Pesta Adat Panen Raya Suku Dayak Kayan Miau Baru

(41 Views) April 5, 2019 1:20 pm | Published by | No comment

Miau Baru – Pesta panen menjadi ritual rutin suku Dayak Kayan dalam mensyukuri hasil pertanian yang telah mereka capai. Biasanya pesta panen ini digelar tiap kali selesai melakukan panen padi yang telah ditanam. Hal ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan karena telah melaksanakan Pesta Lepas Panen atau dalam bahasa Dayak Kayan dikenal dengan “Ka’uh Tupuh Duman”. Jika selama ini hanya dilakukan dimasing- masing RT saja dengan cara makan secara bersama- sama, tahun ini menjadi tahun pertama Pesta Budaya ini diselenggarkan secara besar- besaran.

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Suko Buono, mewakili bupati Kutai Timur Ismunandar yang berhalangan hadir dikarenakan masih sedang berdukacita atas berpulangnya ayahanda tercinta .
Asisten Pemkesra Suko Buono yang tiba sekita pukul 10.00 Wita  , didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Yusuf Samuel dan Camat Kongbeng Furkan disambut antusias oleh warga dengan tarian penyambutan berbaris kiri dan kanan jalan sepanjang 100 meter. Suko Buona dalam suasana syukur masyarakat Miau Baru ini menyatakan, kegiatan tersebut sangat positif dengan berbagai budaya yang dimiliki oleh Suku Dayak Kayan khususnya Masyarakat Miau Baru. Oleh karena itu sudah sepatutnya, pemerintah mendukung adanya kegiatan ini, sebagai wujud komitmen pemerintah untuk menggali kembali potensi- potensi budaya asli daerah, salah satunya di Miau Baru ini. Asisten Pemkesra Suko Buono dalam sambutannya sesuai arahan bupati Kutim Ismunandar.

Acara ini digelar di halaman Balai Pertemuan dan Lapangan Sepak Bola kamis (4/4/2019) yang akan dilaksanakan selama 3 hari sampai tanggal 6 April.  Kegiatan yang turut dihadiri desa-desa sekitar ini dimeriahkan  berbagai tarian asli leluhur dari masyarakat Miau Baru. Mulai dari tarian Hifan Joh, Hifan Jat Alat, Hifan Tingeng Madeng, Hifan Manuk Inuq, Hifan Kusap Nga’eng, Hudoq Aruq, Hudoq Kitaq, Hifan Seng, Hifan Sau dan tarian kolosal oleh remaja dan pemuda desa Miau Baru. kegiatan ini juga dirangkai dengan berbagai lomba tradisional, lomba tarian per RT dan ditutup dengan makan besar bersama di Balai Pertemuan Umum (Lamin Adat) desa Miau Baru.

Vpice Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Berbagai Tarian Traditional Meriahkan Pesta Adat Panen Raya Suku Dayak Kayan Miau Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.