Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Berharap Swasembada Pangan, Petani Tidak Diberi Penunjang

Berharap Swasembada Pangan, Petani Tidak Diberi Penunjang

(1484 Views) Mei 25, 2015 6:28 am | Published by | 27 Comments

SANGATTA –  Walaupun pemerintah kini sedang gencar-gencarnya dalam upaya peningkatan produktifitas pangan hingga swasembada beras, namun ternyata para petani sebagai pelaku utama tidak mendapatkan sokongan alat prasarana pertanian. Pasalnya tahun ini dinas Pertanian tidak lagi memberikan bantuan hand tracktor kepada kelompok tani.

”Kita tidak ada lagi memberikan bantuan hand tracktor kepada kelompok tani. Karena memang gak ada bantuan itu,”ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur Syarifuddin Ginting didampingi Kasi Pengembangan Bayan Yulianta, Senin (25/5) kemarin.

Dijelaskan, tahun ini Dinas Pertanian Kutim hanya akan membagian bantuan Hand tracktor kepada kelompok tani, yang memang merupakan bantuan dari pemerintah pusat yakni sebanyak 7 unit. Sementara itu, Pemkab Kutim sendiri tahun ini tidak memberikan bantuan hand tracktor karena keterbatasan anggaran, baik melalui APBD murni maupun APBD Perubahan 2015.”Kalau dari Kabupaten tidak ada. Yang ada hanya dari pusat saja. Itupun hanya 7 unit saja,”katanya.

Lanjutnya, kini pihaknya juga hanya meminta kepada para kelompok tani yang sudah pernah mendapatkan bantuan hand tracktor dari pemerintah untuk dapat memaksimalkan hand tracktor yang ada untuk menggarap lahan persawahan mereka.

Karena jika hand tracktor tersebut tidak dimaksimalkan apalagi tidak digunakan, maka sesuai perjanjian yang dilakukan antara kelompok tani dengan Dinas Pertanian Kutim saat pemberian bantuan, hand tracktor yang diberikan akan ditarik kembali dan diserahkan kepada kelompok tani yang belum memiliki hand tracktor, untuk dapat digunakan.”Kita hanya minta yang sudah mendapatkan duluan untuk dapat digunakan sebaik mungkin. Karena bila mana tidak, maka kita akan alihkan ke yang lainnya,”katanya.

Lebih jauh dikatakan, bantuan hand tracktor sudah sejak tahun 2007 hingga tahun 2014 telah dibagikan kepada para kelompok tani.  Sementara persyaratan kelompok tani agar dapat mengajukan bantuan hand tracktor harus memiliki lahan persawahan minimal 10 hektar. Dan jika sudah mendapatkan bantuan hand tracktor, tahun berikutnya sudah tidak bisa mengajukan permohonan bantuan hand tracktor kembali.”Bagi kelompok tani yang belum memiliki tractor, silahkan ajukan permohonan dengan syarat memiliki lahan 10 hektar. Kita akan tampung semua. Bagi yang sudah dapat, kita sudah tidak bisa melayaninya lagi,”katanya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

27 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments