Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Beri Pembekalan Hukum Tingkat Dasar, Kejari Sangatta Gelar Jaksa Masuk Sekolah

Beri Pembekalan Hukum Tingkat Dasar, Kejari Sangatta Gelar Jaksa Masuk Sekolah

(472 Views) Juni 22, 2016 1:48 am | Published by | No comment

Sangatta. Untuk memberikan pemahaman akan hukum dasar kepada pelajar khususnya pelajar yang duduk di bangku sekolah menengan pertama (SMP) dan sekolah atas (SMA), Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta mengelar program Jaksa Masuk Sekolah (JMP). Program JMP ini merupakan produk unggulan Pusat penerangan Hukum (Puspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, karena dari pantauan terakhir bahwa tinngkat kesadaran akan hukum masih sangat rendah. Sehingga dengan menggandeng sekolah mulai dari tingkat pendidikan awal hingga menengah, masyarakat dapat mengetahui akan hukum dan batasan-batasan yang tidak boleh terlewati. Hal ini sesuai dengan selogan Puspenkum Kejagung “Kenali Hukum, Jauhkan Hukuman. Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta Tety Syam didampingi Kasi Intel Yanuar Rezha Muhammad.

Dikatakan, bahwa kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang mulai dilaksanakan pada awal tahun 2016 ini, diisi berbagai ragamnya. Mulai melakukan sosialisasi dan penyuluhan akan hukum di sekolah-sekolah, kemudian menjadi Inspektur Upacara di sekolah hingga mengajak pelajar membuat karya tulis terkait perkembangan hukum, khususnya di Kutai Timur. Selain pelajar SMP hingga SMA sebagai target utamanya, kegiatan JMS ini juga menyasar guru-guru sebagai tenaga pendidik agar memiliki pengetahuan lebih akan hukum, khusunya penanganan hukum yang terkait dengan anak.

Lanjut Yanuar, selain mengenalkan aturan hukum dan sanksi terkait narkoba dan korupsi, JMS juga gencar memberikan konseling dan pemahaman kepada pelajar akan perkembangan kasus hukum yang saat ini tengah marak di Kutai Timur khsuusnya di kalangan pelajar. Yakni kasus kekerasan seks dan kenakalan anak. Pihaknya berharap pelajar di Kutai Timur dapat lebih memahami dan menjaga diri agar tidak terjerumus di lembah narkoba dan terlibat dalam kenakalan remaja dan anak.

 (voice : Kejaksaan Yanuar – JMS)

Lebih jauh dikatakan, saat ini kegiatan JMS masih dilakukan di sekolah-sekolah yang terjangkau oleh pihak kejari Sangatta. Seperti Sangatta, Bengalon Sangkulirang dan Wahau. Namun kedepan, program ini akan terus dilakukan secara berkrsinambungan dan menjangkau sekolah-sekolah yang ada di pelosok Kutim.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments