Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Berkas Sertifikat Belum Masuk BPN, Pembebasan Lahan Kipi Maloy Bakal Molor

Berkas Sertifikat Belum Masuk BPN, Pembebasan Lahan Kipi Maloy Bakal Molor

(566 Views) Maret 22, 2016 9:15 am | Published by | 2 Comments

Sangatta. Upaya menyokong percepatan pembangunan kawasan Kipi Maloy yang dilakukan Pemkab Kutai Timur dengan melakukan penyelesaian proses pembebasan lahan dan sertifikasi lahan yang ada di kawasan Kipi Maloy, sepertinya akan molor. Pasalnya, hingga saat ini ternyata Pemkab Kutim belum menyerahkan satupun berkas pengajuan pembebasan lahan dan sertifikasi kawasan Maloy Batota dan Trans Kalimantan (MBTK) kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kutai Timur.

Kepala BPN Kutim Edison Lumbun Batu mengatakan, dalam upaya penyelesaian permasalahan di Kipi Maloy, BPN Kutim sudah bersurat ke Pemkab Kutim hingga ke Pemprov Kaltim dan Kanwil BPN Kaltim. Namun hingga hari ini BPN Kutim belum menerima berkas pengajuan pembebasan lahan tersebut. Padahal melalui berkas tersebutlah BPN akan melakukan penelitian dan pengecekan, baik isinya dan kelengkapan berkas. Selanjutnya akan diusulkan sesuai permintaan. Jika untuk hak penguasaan lahan (HPL) maka akan diproses di Jakarta.

Lanjutnya, dalam surat yang diajukan sudah ada poin persaratan yang dituangkan pihaknya. Diantaranya yakni, Pemerintah Kutim harus melampirkan bukti pembebasan lahan, bukti penyerahan lahan dari masyarakat ke pemda, dan hasil penelitian dan pengecekan yang dilakukan tim sembilan sebelumnya. Sementara BPN Kutim hanya membantu mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan dalam proses sertifikasi.

Disebutkan, lahan seluas 518 hektar milik Pemkab Kutim itu bukanlah yang akan langsung disertifikasi, tapi yang dimohonkan pengadaan lahannya. Sedangkan berkas yang masuk baru  dalam rangka pengadaan lahan dan merupakan fotocopy hak lahan yang akan dibebaskan saja, bukan pembuatan sertifikat. Jika semua proses pembebasannya sudah selesai, maka akan menjadi dasar untuk dibuatkan sertifikatnya oleh BPN.

(Voice : Ka BPN Kutim – Berkas Sertifikat Lahan Kipi Maloy)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments