Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bermasalah, Pemkab Kutim Hentikan Pemberian Izin Indomaret

Bermasalah, Pemkab Kutim Hentikan Pemberian Izin Indomaret

(4619 Views) September 6, 2015 2:11 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur menghentikan pemberian ijin kepada toko modern waralaba Indomaret. Pasalnya, selain menjamur dengan cepat, ternyata beberapa toko indomaret yang telah beroperasi tidak mengikuti prosedur perijinan yang benar.

Menurut Kabid Pelayanan Perijinan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal Daerah (BPTSP PMD) Kutai Timur Alwie Dulhasyim, didampingi Kasubbid Perijinan M Nur, menerangkan bahwa dari 13 toko waralaba indomaret yang kini ada di Kutai Timur hanya 9 yang memiliki Izin Gangguan (HO). 2 buah berada di luar kec Sangatta dan 7 lainnya berada di kota Sangatta. Dari 9 toko yang sudah memiliki izin HO hanya 7 yang kini mengantongi izin usaha (SIUP) toko modern yang diterbitkan Disperindag Kutim. Sedangkan 4 toko indomaret lainnya hingga kini belum memiliki izin, baik Ijin HO maupun SIUP Toko Modern.

Ditambahkan Nur, penghentian pemberian ijin HO ini dilakukan, selain menjamur di kota sangatta pihak indomaret tidak mengikuti prosedur perijinan yang benar. Izin HO baru diurus setelah toko indomaret beroperasi atau berjualan, selain itu tidak ada koordinasi antara pihak indomaret dengan asosiasi pedagang sembako yang ada di kutai timur. Selain itu yang menjadi salah satu alasan dari penghentian pemberian izin ini adalah agar tidak matinya  toko-toko masyarakat lokal dan pedagang sembako kecil, akibat menjamurnya toko indomaret.

(voice).

Lebih jauh dikatakan izin prinsip yang diberikan pemerintah merupakan kesempatan investasi dan membuka usaha di Kutim sehingga tidak menutup kemungkinan jika indomaret ingin membuka usaha di kecamatan lainnya selain sangatta.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments