Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BERPOTENSI MENYUMBANG PAD TIGA PASAR AKAN DIBANGUN

BERPOTENSI MENYUMBANG PAD TIGA PASAR AKAN DIBANGUN

(371 Views) Agustus 14, 2016 6:57 am | Published by | No comment

Sangatta –  Dinilai memiliki potensi sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD), tiga pasar di Kutai Timur ditargetkan akan dibangun pada tahun ini yakni Pasar di Kecamatan Muara Wahau, Muara Bengkal dan Rantau Pulung, ketiga pasar tersebut sudah melalui proses lelang.

Selain sebagai tempat kegiatan ekonomi pembangunan pasar juga dimaksudkan untuk penataan daerah, dengan adanya pasar, pusat perdagangan akan terpusat di pasar sehingga pasar-pasar tumpah yang biasanya menghiasi jalan dan mengganggu lalu-lintas dapat diminimalkan.

Pasar juga memiliki potensi besar penyumbang PAD, sampai dengan saat ini baru satu pasar yakni Pasar Induk Sangatta Kecamatan Sangatta Utara yang sudah memberlakukan biaya retribusi yang Sampai dengan tahun kemarin sudah dapat menyumbangkan PAD mencapai delapan ratus juta rupiah dan terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

Menurut Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang mengatakan, kita jangan lagi terlalu berharap kepada royalty dan dana perimbangan, meskipun Kutai Timur merupakan salah satu daerah penghasil di negara ini namun lambat laun sumberdaya alam akan habis. Tentunya kita harus memiliki alternatif dengan menggali sumber PAD yang ada, salah satunya dengan adanya pasar, Pemerintah akan membangun pasar, memberikan fasilitas penunjang dan akses yang kemudian akan diberlakukan pemungutan pajak yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Dari pajak tersebut dapat menjadi PAD yang selanjutnya akan dapat menjadi penopang pembangunan di Kutai Timur.

Target pembangunan pasar selanjutnha akan dilakukan di Kecamatan Bengalon, Kongbeng dan Kaubun.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments