Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bimtek Tahap 3, Fokus Penyelesaian Buku Tahap I dan II Review Masterplant Smart Regency Kutim

Bimtek Tahap 3, Fokus Penyelesaian Buku Tahap I dan II Review Masterplant Smart Regency Kutim

(84 Views) Oktober 2, 2018 9:17 pm | Published by | No comment

Sangatta – Dinas Komunikasi Informatika Persandian Dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kutai Timur, kembali menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tahap ketiga, yang merupakan salah satu syarat masuknya Kutai Timur dalam seratus kabupaten/kota menuju smart city. Pada Bimtek tahap tiga yang berlangsung di Ruang Arau, Kantor Bupati Kutai Timur, Selasa, 2 Oktober, fokus yang dilaksanakan yakni penyelesaian buku tahap I dan II review masterplant smart regency Kutai Timur.
Diikuti perwakilan SKPD dan seluruh stakeholder, pelaksanaan bimtek tahap III dilangsungkan dengan bersama menyelesaikan kedua buku tersebut melalui diskusi yang dibuat perkelompok pada setiap peserta yang datang.
Menurut, Pembina Smart Regency Pendamping Kutai Timur yang juga merupakan Dosen ITB , Dedi Susandoyo, buku I memuat bagaimana Kutai Timur, analisa masa depan, tantangan dan analisa kekuatan, kelemahan dan ancaman yang bisa terjadi di Kutai Timur, termasuk kesiapan Kutai Timur, melalui sumber daya manusia, insprastruktur baik digital maupun non digital, sampai dengan peraturan-peraturan yang ada apakah sudah sesuai dengan Smart city kedepan.
Sedangkan untuk buku kedua, menurut Dedi memuat program-program yang akan dilakukan kedepan terkait Kutai Timur sebagai Kabupaten smart regency. Saat ini sudah ada draft buku I dan II di Kutai Timur, namun perlu penyesuaian lebih lanjut.
Untuk penyusunan buku, keseluruhan tidak hanya dilakukan konsultan namun melibatkan seluruh stakeholder. Karena smart regency terkait masterplan kabupaten, sehingga tidak hanya pemikiran konsultan saja, namun keseluruhan peran serta termasuk masyarakat.

Selain penyelesaian kedua buku, pada bimtek ketiga juga diharapkan dapat merampungkan penyusunan program quick quen. Quick quen sendiri merupakan program yang diimplementasikan dalam waktu singkat sebelum melakukan program besar, untuk ditunjukkan kepada pemerintah pusat. Progam tersebut merupakan keharusan yang diwajibkan oleh Pemerintah Pusat kepada daerah yang masuk dalam daftar kabupaten kota menuju smart city.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Bimtek Tahap 3, Fokus Penyelesaian Buku Tahap I dan II Review Masterplant Smart Regency Kutim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.