Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BLH Kutim Akan Gunakan Denda Rp10 Miliar PT KPC  untuk Reklamasi dan Rehabilitasi Sungai Sangatta      

BLH Kutim Akan Gunakan Denda Rp10 Miliar PT KPC  untuk Reklamasi dan Rehabilitasi Sungai Sangatta      

(537 Views) Juni 10, 2015 8:50 am | Published by | No comment

Sangatta. Akibat pencemaran Sungai Sangatta yang melewati ambang standar yang dilakukan PT Kaltim Prima Coal (KPC), melalui kesepakatan di luar persidangan perdata antara Badan Lingkungan Hidup Kutai Timur dengan PT KPC, pihak PKC bersedia membayar ganti rugi dengan nilai lebih dari Rp10 miliar.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutai Timur, Ence Akhmad Rafiddin Rizal, jika denda ini telah dibayarkan oleh PT KPC, maka dana tersebut akan dipergunakan salah satunya untuk melakukan reklamasi dan rehabilitasi Sungai Sangatta yang kini dalam kondisi tercemar.

Lanjutnya, dana tersebut merupakan penerimaan negara bukan pajak. Maka pihaknya melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Dispenda Kutai Timur untuk dapat menarik dana tersebut dan akan digunakan untuk kegiatan lingkungan hidup.

Menurutnya, dengan sanksi denda atau ganti rugi yang diberlakukan bagi PT KPC, tentu hal ini akan sangat merugikan bagi perusahaan tersebut. Selain mendapatkan rapor merah dari pemerintah terutama jika ingin melanjurkan perizinan, namun juga menjadi catatan khusus bagi pihak Bank sebagai pemberi modal karena rusaknya image PT KPC. Sehingga bukan saja sanksi materi yang didapatkannya, namun juga sanksi moral.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments