Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BPBD Kutim Upayakan Pembentukan Desa Tangguh Bencana di 18 Kecamatan di Kutim

BPBD Kutim Upayakan Pembentukan Desa Tangguh Bencana di 18 Kecamatan di Kutim

(3990 Views) Januari 17, 2016 2:52 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pembinaan desa-desa tangguh bencana yang merupakan bentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur terus dilakukan. Saat ini ada 4 desa di empat Kecamatan di Kutai Timur yakni di Kecamatan Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Bengalon dan Rantau Pulung. Pembentukan dua desa tangguh di Kecamatan Sangatta Selatan dan Sangatta Utara dibiayai dari anggaran pusat (APBN) dengan nilai anggaran lebih dari Rp 500 juta. Sedangkan 2 desa tangguh di Kecamatan Bengalon dan Rantau Pulung, dibentuk dengan biaya Pemprov Kaltim (APBD I) dengan anggaran lebih dari Rp 800 juta.

Kepala Pelaksana BPBD Kutim Zainuddin Aspar, mengatakan dengan terbentuknya 4 desa tangguh di keempat Kecamatan ini, paling tidak menjadi perpanjangan tangan BPBD Kutim dan mempercepat penanganan awal jika terjadi bencana di kecamatan tersebut. Sebelum akhirnya penanganan bencana diambil alih oleh BPBD dan SAR. Masing masing desa tangguh bencana memiliki 30 hingga 40 orang tenaga terlatih yang memiliki kemampuan dasar dalam penanganan bencana.

Lanjutnya, pembinaan terhadap desa-desa tangguh bencana ini terus dilakukan. Mengingat Kutim merupakan daerah yang rawan bencana banjir dan kebakaran. Selain dilakukan oleh BPBD dan SAR, pembinaan dan pelatihan tenaga desa tangguh juga dibantu pramuka. Walaupun terkendala minimnya alokasi anggaran kebencanaan yang dianggarkan Pemerintah Daerah, pada tahun ini BPBD Kutim sudah menyiapkan bantuan alat radio komunikasi, untuk masing-masing desa tangguh. Ini sangat berguna untuk koordinasi antar desa tangguh jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

(voice)

Lebih jauh dikatakan, upaya pembentukan desa tangguh bencana ini akan terus dilakukan di setiap desa di 18 Kecamatan di Kutim. Namun tentu saja akan menyesuaikan dengan anggaran yang dialokasikan Pemkab Kutim dan tingkat kerawanan bencana di setiap Kecamatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments