Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BPDB Kutim Gelar Pelatihan Relawan Tangguh Bencana, Sasaran Terbentuknya 80 Relawan

BPDB Kutim Gelar Pelatihan Relawan Tangguh Bencana, Sasaran Terbentuknya 80 Relawan

(458 Views) Oktober 19, 2016 5:52 pm | Published by | No comment

img20161019093824Sangatta – Untuk meningkatkan jiwa korsa masyarakat, serta peningkatan kapasitas kesiap siagaan untuk menghadapi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, gelar pelatihan relawan tangguh bencana. Pembukaan pelatihan relawan tangguh bencana tersebut dibuka secara resmi Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi, Sangatta, Rabu (19/10/16).

Ketua Panitia pelaksana Achmad Junaidi mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan relawan tangguh bencana tersebut, untuk meningkatkan pengatahuan dan kemampuan masyarakat, dalam hal kerelawanan menghadapi bencana, peningkatan kapasitas masyarakat atau relawan dalam menghadapi tanggap darurat bencana, menumbuhkan jiwa korsa dan kepedulian sesama anggota masyarakat .

Lebih lanjut, Achmad Junaidi menambahkan sasaran kegiatan tersebut, terbentuknya 80 relawan di kabupaten Kutai Timur, yang berasal dari 8 Desa di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Teluk Pandan, yang difasilitasi dengan program ketangguhan masyarakat serta mempunyai pengetahuan dasar tentang kebencanaan dan kerelawanan.

Insert : Panitia Pelaksana _Achmad Junaidi

Lebih jauh, dikatakan Pelatihan relawan penanggulang bencana diharapkan peserta dapat mengetahui beberapa pandangan tentang bencana, baik secara konsepsional, ilmu pengatahuan alam, ilmu terapan, ilmu sosial dan penyebab bencana itu sendiri dan bukan hanya tanggap darurat, tetapi secara keseluruhan menajemen resiko dalam pengurungan resiko bencana. Selanjutnya peserta diharapkan mampu mengimplementasikan  pengatahuan yang didapatkan selama pelatihan, di wilayahnya masing-masing.

Adapun pelaksanaannya, selama lima hari mulai tanggal 19-23 Oktober 2016, pembukaan dilaksanakan di ruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi, sedangkan tanggal 20-23 Oktober 2016 dilaksanakan diHotel Royal Victoria Sangatta, dengan kegiatan lapangan difokuskan di Desa Sangkima selama tiga hari.

( Repoter RPD/Wak Hedir )

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments