Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BPJS Nasibmu Kini

BPJS Nasibmu Kini

(796 Views) Januari 28, 2015 1:30 pm | Published by | 3 Comments

IMG_20150128_102929

TU dan Petugas BPJS Puskesmas Sangatta Selatan

Walaupun secara nasional pelaksanaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) masih menemui berbagai kendala, tapi khusus di Sangatta Selatan disambut dengan cukup positif oleh masyarakat, hal ini disampaikan oleh Sri Mulyati, TU Puskesmas Sangatta Selatan.

Menurut Mulyati, Selasa (28/10)  pagi, apabila ada masyarakat yang datang berobat, dianjurkan untuk mengurus dan menggunakan BPJS karena lebih meringankan, dengan iuran mulai dari Rp 25 ribu untuk kelas III sampai Rp 60 ribu per bulan untuk pelayanan kelas I.

Meskipun secara kasuistis, tentu kendala-kendala di lapangan tetap ditemukan, sebagaimana umumnya program yang terhitung masih baru. Contohnya masyarakat yang tidak mampu yang seharusnya berhak terdaftar sebagai peserta penerima bantuan iuran tetapi tidak termasuk di dalam daftar kapitasi yang diserahkan oleh Dinas Kesehatan, Ada juga nama masuk dalam daftar kapitasi sebagai peserta penerima bantuan iuran tetapi  yang bersangkutan telah meninggal dunia.  Ketika pihak Puskesmas menanyakan ke Dinas Kesehatan Kutai Timur, intansi itu justru tidak mengetahui. Alasannya datanya sudah tercatat dari provisi Kaltim.

Menurut Sri Mulyati, pendaftaran peserta penerima bantuan iuran, sesuai aturan sudah tertutup, sehingga masyarakat harus mendaftar sebagai peserta dengan membayar iuran. Dengan keberadaan BPJS ini maka secara otomatis, Jamkesmas dan Jamkesprov tidak berlaku lagi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments