Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BPS SIAPAKAN SENSUS EKONOMI 2016

BPS SIAPAKAN SENSUS EKONOMI 2016

(500 Views) Maret 30, 2016 7:54 am | Published by | No comment

Sensus ekonomi akan dilaksanan pada 1 sampi dengan 31 Mei Mendatang, ini merupakan sensus ekonomi ke empat yang dilaksanakan di Indonesia. Sensus yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajiikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Responden Sensus Ekonomi ini meliputi semua pelaku usaha yaitu Perusahaan seperti restoran, supermarket, jasa konstruksi, dari pemerintah seperti sekolah, rumah sakit, panti sosial, usaha rumah tangga seperti usaha on line dan sektor non formal serta lembaga non profit sepeti tempat ibadah, Organisasi Masarakat, Organisasi Sosial, Organisasi Parpol dan lain-lain yang tidak termasuk sektor pertanian. Dan hasil dari sensus ekonomi ini bersifat rahasia dan dilindungi Undang-Undang

Maanfaat sensus ini tidak hanya diperuntukan untuk pemerintah namun juga bermanfaat terhadap pelaku usaha untuk mengtahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha, dari segi akademisi dan peneliti manfaat dari sensus ekonomi ini sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi, manfaat juga diterima langsung oleh masyarakat yang mendapatkan dampak dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah.

Sensun ekonomi yang akan dilaksanakan tahun ini sudah melewati proses perencanaan sejak tahun 2014 dan proses persiapan di tahun 2015 Lalu. Untuk mensukseskan sensus ekonomi ini BPS melakukan sosialisasi kepada pemerintah, kalangan pengusaha dan masyarakat.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Achmad Yasid Wijaya mengatakan, Sensus ekonomi ini dilaksanakan serentak di seluruh indonesia. Sasaran dari sensus ini adalah seluruh kegiatan usaha kecuali bidang pertanian. sensus ini disosialiasikan dengan kepala skpd, asosasi usaha yang ada di Kutai Timur, kepala perbankan dan para camat yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Voice

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments