Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Buat MoU Zakat Profesi Karyawan Swasta, Baznas Kutim Targetkan Potensi Zakat Rp100miliar per Tahun    

Buat MoU Zakat Profesi Karyawan Swasta, Baznas Kutim Targetkan Potensi Zakat Rp100miliar per Tahun    

(842 Views) Juli 8, 2015 1:17 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pemkab Kutai Timur sangat mendukung program gali lima ribu (GALIBU) yang dilaksanakan Badan Zakat Nasional (Baznas) Kutai Timur. Melalui program zakat profesi yang Perdanya sedang dalam penggodokan DPRD Kutim  ini, diyakini mampu memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Kutai Timur dan sudah cukup terbukti. Selain telah membangun sebanyak 140 unit rumah layak huni, Baznas Kutim juga kini tengah menggelontorkan program 50 ekor kambing bagi 18 kecamatan seKutai Timur. Demikian diungkapkan Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, disela kegiatan buka puasa bersama Baznas Kutim bersama seluruh manajemen perusahaan perkebunan dan pertambangan di Kutai Timur, malam tadi.

Didampingi Ketua Baznas Kutim Idrus Yunus,  Ardiansyah menjelaskan, dengan zakat profesi yang dibungkus dalam program Galibu ini tentunya manfaat besar akan sangat dirasakan oleh masyarakat Kutim. Terlebih potensi zakat profesi yang diambil dari pegawai negeri sipil Pemkab Kutim saja mampu mencapai Rp350juta pertahunnya. Dan kini Baznas mencoba menggaet pihak swasta yakni perusahaan-perusahaan tambang dan perkebunan di Kutim agar karyawannya mau menyalurkan zakat profesi tiap bulannya kepada Baznas Kutim. Dengan kalkulasi yang ada, potensi yang mampu diperoleh dari zakat profesi PNS dan karyawan swasta ini bisa mencapai Rp60 miliar hingga Rp100 miliar per tahunnya jika dimaksimalkan.

Lebih jauh Bupati Ardiansyah mengatakan, Baznas Kutim kini telah menandatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan beberapa perusahaan pertambangan dan perkebunan di Kutai Timur, dan diharpkan juga akan diikuti oleh seluruh perusahaan-perusahaan lainnya di Kutim. Hal ini menjadi titik awal jalinan kerjasama intens Banznas Kutim dengan pihak swasta dalam pengelolaan zakat profesi karyawan swasta. Pihak perusahaan dibantu Baznas Kutim harus segera membentuk unit pengumpul zakat (UPZ) di masing-masing perusahaan agar pengelolaan zakat profesi ini lebih maksimal dan transparan.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments