Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bukan Razia, Polisi Kutim Terapkan Sistem Hunting Demi Tingkatkan Kedisiplan Lalulintas

Bukan Razia, Polisi Kutim Terapkan Sistem Hunting Demi Tingkatkan Kedisiplan Lalulintas

(1612 Views) September 27, 2016 1:36 pm | Published by | No comment

satria-yudha-1

Sangatta – Terapkan Sistem Hunting, jajaran Satlantas Polres Kutim rutin berpatroli di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas untuk meningkatkan kedisiplinan lalulintas. Tidak seperti razia pada umumnya, kegiatan sistem hunting dilakukan dengan berpatroli dengan cara kasat mata atau melihat langsung pelanggaran-pelanggaran di jalan seperti pelanggaran tidak menggunakan helm, spion, tidak menggunakan plat nomor polisi ataupun kelebihan muatan. Dengan sistem hunting pengendara yang tidak menaati peraturan lalu lintas akan diberikan teguran sampai dengan penindakan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

Menurut Kanit Turjawali Satlantas Polres Kutim, Ipda Satria Yudha yang ditemui saat melakukan sistem Hunting di simpang tiga pendidikan Jalan Aw. Syahrani pagi tadi (27/9) mengatakan, sistem hunting ini dilakukan untuk menurunkan angka pelanggaran kendaraan dijalan dengan melihat langsung pelanggaran dijalan yang memiliki potensi rawan kecelakaan. Untuk pelanggaran-pelanggaran ringan seperti ketinggalan STNK atau SIM hanya akan diberikan himbauan untuk mengambil surat-suratnya, jika dapat mengambil dan dapat menunjukkan maka perjalanan dapat dilanjutkan kembali.

Lebih lanjut Satria mengatakan, dengan rutinnya dilakukan sistem hunting ini diharapkan masyarakat dapat lebih tertib berlalu lintas, memiliki kesadaran hukum tinggi dan dapat sama-sama membantu untuk ketertiban dan kelancaran lalulintas di Kota Sangatta.

Kelebihan muatan merupakan pelanggaran lalulintas yang paling sering ditindak dalam sistem hunting, hal tersebut dikarenakan Sangatta merupakann jalur trans Kaltim sehingga banyak dilewati kendaraan yang membawa muatan berlebih, sedangkan untuk didalam kota, pelanggaran yang sering ditemukan yakni tidak menggunakan helm, melanggar rambu lalulintas dan melawan arah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments