Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Ajak Alumni Stiper Sukseskan Gerbang Desa Madu

Bupati Ajak Alumni Stiper Sukseskan Gerbang Desa Madu

(500 Views) November 17, 2016 3:41 pm | Published by | No comment

15027988_1309092192454806_5466340484047050254_n

Sangatta – Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengajak para alumni Stiper Kutai Timur ikut mensukseskan program gerbang desa madu. Program gerbang desa madu diharapkan dapat memberikan perubahan pada desa, untuk itu desa dijadikan sebagai subjek atau pelaku pembangunan. Beberapa program yang masuk di desa tidak sesuai dengan kebutuhan desa sehingga mengakibatkan tidak berhasilnya program tersebut.

Dalam sambutannya pada Kongres II Alumni Keluarga Stiper, Kamis, 18 November, Ismunandar mengatakan, banyak program-program yang masuk tetapi bukan kebutuhan dari desa tersebut, misalnya saja keinginan masyarakat mau sapi tetapi yang datang kerbau. Jika dihitung dari berdirinya Kutai Timur, bantuan sapi ke masyarakat sudah ribuan, namun rata-rata sapinya mati, inilah yang menjadi pemikiran bersama. Untuk itulah diharapkan para alumni memberikan masukkan maupun selaku pelaku dalam kegiatan pemerintah sehingga dapat tercapainya desa sejahtera.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, diharapkan kerjasama antara alumni dan pemerintah untuk melakukan penelitian terhadap integrasi perkebunan sawit dengan peternakan sapi. Sawit dapat dijadikan nol limbah, pelepah dan daun sawit dapat dijadikan makanan sapi sementara urin dan kotoran sapi dapat dijadikan pupuk bagi sawit.

Saat ini Kutai Timur memiliki empat ratus ribu hektar sawit, delapam puluh delapan ribu hekter plasma, dua puluh ribu hekter lebih sawit masyarakat, jika dijadikan integrasi sawit dan sapi maka dapat menghasilkan banyak sapi dan Kutai Timur tidak perlu mendatangkan sapi lagi dari luar.

Ismu juga mengatakan, hal tersebut baru dari potensi sawit masih banyak lagi potensi lain di Kutai Timur yang dapat dikembangkan.

( Voice : Reporter RpdKutim / Khusnul Khotimah )

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments