Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati dan Wakil Bupati Intruksi PNS Untuk Melakukan Tes VCT (HIV/AID)

Bupati dan Wakil Bupati Intruksi PNS Untuk Melakukan Tes VCT (HIV/AID)

(497 Views) Maret 29, 2016 8:54 am | Published by | No comment

Sangatta – Tingginya angka kasus HIV/AIDS di Kutai timur menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah kabupaten Kutai Timur, dalam laporan yang disampaikan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kutai Timur Harmadji yaitu data sebaran Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) mencapai jumlah 196 ODHA, PSK ODHA 72 orang dengan tenaga kerja laki-laki beresiko terkena HIV/AIDS 85.455 orang, data tersebut diambil dari setiap Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Seperti diketahui penyebab HIV/AIDS sekarang bukan hanya disebabkan oleh prilaku seksual yang menyimpang tetapi hal lainnya yang bisa menyebabkan terkena HIV/AIDS seperti penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau bergantian, tranfusi darah yang tidak dilakukan pengecekan terlebih dahulu, ASI dari Ibu penderita HIV/AIDS kepada anaknya. Lebih jauh dikatakan Harmadji bahwa sudah 3 (tiga) balita yang terkena HIV/AIDS dan 18 persen adalah Ibu Rumah tangga. Potensi terkena HIV/AIDS bisa siapa saja, bisa juga PNS, Personil Polisi, TNI dan laiinya sebagainya.

Hal tersebut dilaporkan Harmadji dalam Coffe Morning yang digelar Bupati dan wakil Bupati Kutai Timur dengan seluruh SKPD, Camat Se-Kabupaten Kutai Timur serta Instansi lainya seperti RSUD, PDAM dan KPA Kutai Timur. Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap hari senin, untuk mengetahui persoalan yang teanh terjadi di tengah masyarakat dan bagaimana cara mencari solusi dari permasalahan yang sedang terjadi.

Menanggapi laporan dari KPA Kutai Timur Bupati dan wakil Bupati Kutai mengintrusikan agar semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kutai timur untuk melakukan test VCT HIV/AIDS agar supaya penyakit ini sejak dini dapat dideteksi serta dapat dicegah penularan, bahkan sang penderita dapat segera diobati jika diketahui lebih dini.

Voice (Bupati_Segera Test HIV/AIDS)

Untuk di Kutai timur sendiri Rumah sakit yang telah memberlaku semua ibu hamil wajib memeriksa HIV/AIDS yaitu Rumah sakit Asysifah hal ini sesuai dengan Peraturan Mentri Kesehatan RI tahun 2013. Selain itu untuk semua masyarakat Kutai Timur yang ingin melakukan tes HIV/AIDS dapat memeriksakan diri di RSUD Kudungga Sangatta, dikatakan test tersebut gratis tidak dipungut biaya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments