Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Dukung Bangun Unit Pelayanan Paspor di Kutim

Bupati Dukung Bangun Unit Pelayanan Paspor di Kutim

(569 Views) Juli 13, 2015 2:36 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Di zaman sekarang ini paspor sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki layaknya kartu tanda penduduk atau identitas bagi setiap warga Negara. Hanya saja, hingga saat ini fasilitas penunjang untuk keperluan membuat paspor masih belum tersedia di semua Kabupaten, contohnya di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Dengan latar belakang tersebut, Pemkab Kutim melalui sebuah rapat bersama dengan jajaran pejabat Kantor Wilayah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah (Kanwil Kemenkumham) Kaltim duduk bersama guna membahas kendala tersebut.
paspor (1)Rapat dimaksud antara lain membahas perencanaan, pembentukan, penyiapan sarana dan prasarana penunjang unit layanan paspor. Sebagai langkah awal untuk membuka pelayanan pembuatan paspor di Kabupaten ini. Rapat dimaksud dipimpin langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, dihadiri Asisten Pemerintahan Syafruddin dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab. Pejabat dari Kanwil Kemenkumham Kaltim, Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda.
Ardiansyah saat itu menyatakan sangat mendukung rencana pembentukan unit pelayanan paspor di Kutim oleh Kanwil Kemenkumham dan Kantor Imigrasi.
Kemudian Ardiansyah memberikan contoh, jika masyarakat sering menggunakan paspor setiap kali kunjungan warga (Indonesia) ke luar negeri. Salah untuk (pergi ibadah) umroh.
Menurut dia, apabila ada pelayanan pembuatan atau hal lain terkait penerbitan paspor di Kutim, tentu akan sangat memudahkan warga. Sehingga kedepan masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Samarinda hanya untuk membuat paspor.
Jika Pemkab sudah memberikan dukungan, Bupati berharap masyarkat juga memberikan kemudahan. Sehingga program dimaksud dapat berjalan lancar sesuai rencana. Selanjutnya SKPD terkait juga dapat membantu menyiapkan fasilitas gedung yang diperuntukan untuk unit layanan tersebut. Tidak harus membangun gedung baru melainkan dapat dilakukan dengan cara pinjam pakai.
Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh SKPD terkait bersama dengan tim dari Kantor Imigrasi beberapa waktu lalu, Gedung Pertemuan di Jalan Bumiayu Kecamatan Sanggata Utara dirasa paling sesuai untuk dijadikan Kantor Unit Pelayanan Paspor di wilayah Kutim.
Kepala Kanwil Kemenkumham Djoko Setiyono, menjelaskan untuk pembuatan paspor, jika pemohon telah melengkapi persayatan maka hanya dalam waktu tiga hari paspor sudah selesai dan bisa digunakan.
Menurut Djoko, dengan biaya yang harus dibayar Rp 355.000 dan tidak ada biaya-biaya lain. Selanjutnya uang tersebut masuk kas negara.
Ditambahkan, dengan kepemilikan paspor oleh setiap warga Negara maka pemerintah dapat memberikan kepastian hukum dan perlindungan Ham. Untuk itu pihaknya terus berinovasi dan menggunakan teknologi agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih mudah, murah dan cepat. Selain pembuatan paspor, fasilitas tersebut nantinya juga dilengkapi unit pengawasan orang asing dan bidang-bidang lain. Dilengkapi tentunya dengan menyesuaikan perkembangan di Wilayah Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments