Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati instruksikan Balitbang segera lakukan penelitian untuk penangkaran buaya

Bupati instruksikan Balitbang segera lakukan penelitian untuk penangkaran buaya

(531 Views) Desember 6, 2016 5:01 pm | Published by | No comment

ismunandar

Sangatta – Bupati Kutai Timur, Ismunandar, menginstruksikan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kutim untuk segera melakukan penelitian untuk menangkarkan buaya. Banyaknya populasi buaya yang habitatnya tersebar di banyak daerah di Kutai Timur, menjadi kekhawatiran tersendiri terlebih banyak korban jiwa yang diakibatkan terkaman buaya.

Dalam laporan Camat Bengalon, Rudi Baswan pada coffee Morning yang dipimpin Ismunandar melaporkan musibah yang terjadi diwilayahnya karena serangan buaya kepada seorang warganya di Dusun Sekurau Bawah, Desa Sekerat baru-baru ini.

Serangan buaya di Kutai Timur memang sering terjadi, terlebih Kutim juga merupakan daerah yang rawan banjir terutama pada kediaman warga yang berada tidak jauh dari sungai, pada situasi banjir kekhawatiran terhadap serangan buaya lebih meningkat. Tidak hanya di sungai, buaya bahkan dapat ditemui warga di parit terutama pada parit yang berhubungan langsung dengan sungai dan laut seperti di Jalan Aw. Syahrani.

Ditemui usai memimpin Coffee Morning, Ismu mengatakan, selain korban jiwa, banyak juga buaya yang menjadi korban jika terjadi serangan buaya terhadap manusia. Karena buaya-buaya yang ditangkap juga harus dibelah untuk memeriksa apakah memakan manusia atau tidak sehingga akan banyak juga buaya yang akan dibunuh.

Lebih lanjut Ismu mengatakan, persoalannya buaya menjadi musuh manusia karena dapat mengancam jiwa namun juga merupakan binatang yang dilindungi sehingga tidak dapat dimusnahkan begitu saja. Ismu juga mengatakan kedepannya penangkaran buaya akan menjadi solusi yang akan ditempuh pemerintah, penangkaran akan dibuat namun tetap dihabitatnya, untuk penangkaran tersebut Balitbang akan melakukan penelitian pada tahun 2017 mendatang.

( Voice : ismunandar )

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments