Menu Click to open Menus
Home » News » Bupati Intruksikan Satgas Percepatan Perizinan Layanan Terfokus di DPMPTSP saja

Bupati Intruksikan Satgas Percepatan Perizinan Layanan Terfokus di DPMPTSP saja

(269 Views) April 2, 2018 10:36 pm | Published by | No comment

Sangatta – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar dalam waktu secepatnya mengintruksikan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Perizinan. Pembentukan Satgas ini dibuat sesuai perintah Menteri Koordinator bidang Perekonomian tentang percepatan perizinan usaha sesuai Perpres No. 91/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan Ismunandar usai memimpin langsung rapat coffee morning minggu pertama April di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim kemaren.  Dirinya meminta seluruh bagian di Setkab Kutim dan OPD bersinergitas dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam mengurus perizinan terfokus satu saja pasalnya untuk mempercepat prosesnya.

Bupati meminta kewenangan perizinan satu pintu saja yaitu masuknya melalui DPMPTSP,  sehingga tidak lagi ada yang menunggu ketika tidak ada Bupati ditempat, termasuk pengurusan SOP (standar operasional prosedur) usaha. Bupati meminta agarn melaksnakan rapat kordinasi dalam pembetukan satgas  tersebut di tanggal 5 April mendatang dengan mengundang perwakilan Setkab maupun OPD

Ismu juga menginginkan ada terobosan konsep proses perizinan tersebut bisa dituntaskan dalam satu hari tanpa perlunya rekomendasi-rekomendasi terkait.

Sementara itu, Kabid Perizinan DPMPTSP Saiful Anwar mengatakan tim internalnya dalam hal ini siap menjalankan intruksi Bupati Ismunandar.

Dikatakan Saiful, DPMPTSP sudah menilai sistem perizinan yang dijalankan sudah cukup bagus. Namun masih ada kekurangan terkait jumlah SDM untuk melakukan verifikasi perizinan, tidak hanya itu adax izin-izin yang lambat dan ini terindikasi antara lain masih lambatnya rekomendasi-rekomendasi dari SKPD. Dikatakan, Izin hanya satu minggu, rekomendasi bisa satu bulan. Saat ini ada 93 izin yang masuk di OPD dan hanya 9 izin berada di DPMPTSP.

Saiful dalam waktu dekat tidak ada lagi izin di OPD lain dan semua dikelola DPMPTSP. Hal tersebut  sesuai dengan pesan KPK, sehingga 100 persen diambil alih DPMPTSP. dalam waktu dekat (dalam tahun ini) akan diinvetarisir semua dinas yang masih memegang izin untuk diserahkan ke DPMPTSP.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Bupati Intruksikan Satgas Percepatan Perizinan Layanan Terfokus di DPMPTSP saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.