Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutai Timur Sambut Gembira dan Dukung 100 Persen Pembangunan SMK Tridaya Harapan Di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang, Karena Sejalan Dengan Visinya

Bupati Kutai Timur Sambut Gembira dan Dukung 100 Persen Pembangunan SMK Tridaya Harapan Di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang, Karena Sejalan Dengan Visinya

(4850 Views) Maret 10, 2016 6:39 am | Published by | 246 Comments

Sangatta– Yayasan Kayan Makmur melaksanakan Presentasi Pembangunan Sarana Pendidikan SMK Tridaya Harapan Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang pagi tadi kamis (10/3) diruang Tempudau Kantor Bupati Kawasan Bukit Pelangi. Hadir dalam presentasi tersebut Bupati Kutai Timur Ismunandar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur Iman Hidayat, Kabag Humas Mucthar, serta serta perwakilan dari Dinas lainnya dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur.

Yayasan Kayan Makmur mempunyai rencana pembangunan Sekolah SMK Tridaya Harapan Guna mendukung keberlangsungan pengelolaan perusahaan khususnya penydiaan tenaga trampil tingkat menengah maka dipandang perlu mendirilkan Sekolah Menengah Kejuruan yang dapat menyediakan tenaga yang dibutuhakan. Sekolah yang akan didirikan tahap rintisan ini adalah SMK Bidang Agribisnis dan Bidang Agroteknologi, Program studi keahlian Agribisnis Prdoksi Tanaman dan Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan dan Teknik Alat Berat. Dengan Visi terselenggaranya Sekolah Unggul Bidang Perkebunan yang menghasilkan tamatan bertaqwa, terampil dan tanggu menghadapi dunia kerja serta bersaing di era global.

Dalam Presentasi tersebut Ketua Dewan Pembina Yayasan Kayan Makmur Siswanto yang juga yang juga sebagai Eksekutif Direktur Kayan Patria Pratama Group yang membawai beberapa perusahaan perkebunan HTI dan HPH di Wilayah kabupaten Kutai timur dalam kesempatan tersebut menjelaskan terkait dengan rencana pendirian sarana Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tridaya Harapan hal ini merupakan keinginan dari Perusahaan untuk berpartisipasi dalam bidang pendidikan guna mencetak tenaga-tenaga siap pakai, tenaga-tenaga yang cukup handal dalam ikut serta membangun dan memajukan daerah khususnya Kabupaten Kutai Timur .

Voice

Siswanto menuturkan seperti diketahui dunia perkebunan dan pertanian yang cukup maju tentunya memerlukan tenaga yang memang sangat diperlukan, dari hal ini timbul keinginan untuk mendirikan sekolah dan kemudian memberdayakan putra/putri daerah setempat seperti yang telah dilakukan di Kabupaten Bulungan yang juga memiki titik usaha perkebunan dan Hutan Tanaman Industri (HTI) Perkebunan yang telah berjalan satu tahun ini yaitu SMK Tridaya Pratama yang pada tahun pertama memiliki anak didik sekitar 70 murid yang sudah berjalan sekitar 6 bulan.

Siswanto mengungkapkan Sekolah yang akan didirikan tersebut sifatnya adalah boarding school dengan pembebasan semua biaya termasuk biaya asrama, baju sekolah serta buku-buku sekolah kemudian diikat dengan ikatan dinas selama 5 tahun, setelah lima tahun mereka merasa mampu dan mandiri dan seadainya ingin tidak bergabung lagi dengan perusahaan terkait maka pihaknya mempersilahkan karena pada dasarnya pihaknya hanya ingin membina putra/putri daerah berusaha untuk lebih mandiri dan lebih sejahtera. Demikian juga para guru yang ada di Kabupaten Bulungan SMK Tridaya Pratama dikatakan Siswanto hampir 70% guru termasuk kepala sekolah adalah putra/putri Kabupaten Bulungan.

Dengan harapan pihaknya tidak menutup kemungkinan begitu juga dengan SMK Tridaya harapan juga dapat dikelola atau dilaksankan oleh putra/putri dari Kecamtan Sangkulirang pada khususnya dan pada umumnya putra/putri Kabupaten Kutai Timur yang memamg punya dedikasi, punya integritas dan punya kemampuan untuk mengelola sebuah Sekolah yang direncankan akan menjadi Sekolah unggulan. karena pihaknya juga dalam pendidikan menggunakan sistem ketarunaan atau semi militer sehingga didalamnya bisa dititipkan pengatahuan-pengatahuan maupun penanaman rasa kebangsaan. Adapun rencana pembangunan SMK Tridaya Harapan, akan dibangun pada tahun ini juga yang berlokasi di Desa Pelawan Kecamata sangkulirang, lokasinnya sudah dipersiapkan sekitar 10 Ha. Lebih jauh Siswanto mengatakan bahwa SMK Tridaya Harapan ini diselipkan ilmu pertanian bekerja sama denga Trankindo Utama terutama dalam pendidikan alat berat sepenuhnya didukung dan akan dilaksankan oleh PT Trakindo, baik peralatan maupun guru-guru disediakan oleh PT.Trakindo.

Bupati Kutai Timur Ismunandar menanggapi presentasi dari Yayasan Kayan Makmur dalam rencana membangun sarana Pendidikan SMK Tridaya Harapan di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang tersebut, menyambut dengan gembira rencana tersebut. Ismunandar mengakui rencana pembangunan Sekolah ini sesuai atau sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 yakni bertumbuh pada Agribisnis. Dikatakan bahwa Pemerintah tidak hanya mendukung 100 persen tetapi kalau bisa 1000 persen, bahkan Ismunandara memiliki harapan di Kecamatan-Kecamatan lainnya dari pihak stakholder untuk mendirikan Sekolah yang model seperti SMK Tridaya Harapan ini.

Voice (Bupati )

Lebih lanjut Bupati menuturkan upaya mencerdaskan generasi muda dengan berbasis Agrisbis yang tentu saja kaitannya kelapangan kerja, yang diyakini tenaga-tenaga terampi inilah yang dibutuhkan dilapangang kerja di Kabupaten Kutai Timur. Sekolah ini seperti gayung bersambut dengan Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur, dan tidak menutup kemungkinan bagi siswa yang berprestasikan akan dikuliahkan. Kepada Kepala Disdikbud Ismunandar menghimbaukan agar segera membuat Rekomendasi untuk izin mendirikan SMK tersebut kepada Dinas Pendidkan Provinsi Kalimantan Timur. Selanjunya Ismunandar mengucapakan terima kasih kepada pihak Yayasan Kayan Makmur yang telah mempunyai keinginan untuk mendirikan SMK di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

246 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments