Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati : Kutai Timur “Surganya” Bagi Perentasan Kemiskinan Daerah Lain

Bupati : Kutai Timur “Surganya” Bagi Perentasan Kemiskinan Daerah Lain

(72 Views) Oktober 2, 2018 9:10 pm | Published by | No comment

Sangatta – Bupati Kutai Timur, Ismunandar menolak jika dikatakan  penurunan kemiskinan di Kutai Timur tidak signifikan, karena jika dilihat dari struktur penduduk di Kutai Timur, lebih banyak laki-laki dari pada perempuan, hal tersebut dikarenakan banyak dari pendatang yang masuk ke Kutai Timur untuk mengadu nasib mencari kerja, oleh karena itu, Kutai Timur dapat disebut sebagai “Surganya” bagi perentasan kemiskinan daerah lain, demikian yang disampaikan saat membuka Seminar Hari Statistik Nasional, di Kantor Bupati Kutai Timur, Selasa, 2 Oktober.

Ismu menjelaskan, banyak penduduk daerah lain yang datang ingin mecari kerja di Kutai Timur, sementara ketika ada pendataan di desa dan kecamatan, mereka tidak memiliki pekerjaan dan tidak berpenghasilan, maka masuklah menjadi data penduduk miskin Kutai Timu, hal tersebut yang menyebabkan penuruhanan angka kemiskinan tidak signifikan.

Bahkan menurut Ismu, berbeda dengan daerah lain, Kutai Timur tidak mengharuskan pendatang yang masuk untuk menyerahkan jaminan.  Seperti daerah yang mewajibkan pendatang menyerahkan jaminan berupa uang, sehingga jika tidak berhasil mendapat pekerjaan atau melakukan hal negatife, maka uang jaminan tersebut yang digunakan untuk memulangkannya.

Besarnya angka kemiskinan dibandingkan dengan penurunannya yang tidak cukup besar, harus dilihat terlebih dahulu, bagaimana situasi dan kondisinya. Untuk kutai timur, dalam tiga tahun terakhir saja, terhitung dari 2016 lalu, penambahan angka penduduk mencapai dua ribu orang tiap tahunnya. Dari angka tersebut, terbanyak adalah pencari kerja.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Timur, jumlah penduduk Kutai Timur pada awal terbentuknya Kabupaten pada tahun 1999, berjumlah seratus empat puluh enam ribu jiwa, pada sensus tahun 2010 mengalami peningkatan, sehingga jumlahnya dua ratus delapan puluh ribu jiwa. Sampai dengan tahun 2017, tercatat penduduk Kutai Timur sudah mencapai empat ratus enam belas ribu jiwa, kenaikan terus tejadi setiap tahunnya.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Bupati : Kutai Timur “Surganya” Bagi Perentasan Kemiskinan Daerah Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.