Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Ajak Kesadaran Warga Tanggulangi DBD

Bupati Kutim Ajak Kesadaran Warga Tanggulangi DBD

(424 Views) Juli 28, 2016 8:48 am | Published by | No comment

Sangatta. Bupati Kutai Timur Ismunadar, mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kutai Timur untuk berperan serta dalam pencegahan dan penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD), yang terjadi di Kutai Timur. Hal tersebut disampaikan Bupati Ismu, saat membuka Rakor Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit DBD, Tahun 2016. Lanjut Ismu, penanganan penyakit DBD tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan fogging, namun tentunya dengan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Gerakan pemberantasan sarang nyamuk ini harus dilakukan seluruh lapisan masyarakat, yang dikordinir oleh kader juru pemantau jentik (Jumantik). Dengan adanya peran serta masyarakat ini diyakini penanganan penyebaran penyaki DBD dapat teratasi dan angka kasus DBD di Kutai Timur dapat ditekan serendah mungkin.

(Voice : Bupati Ismunandar – Ajak Masyarakat Tangani DBD)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kutim, dr Aisyah, mengakui jika selama ini kesadaran masyarakat dalam penanganan dan pemberantasan penyakit DBD masih sangat rendah. Terutama untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing. Bahkan dari beberapa temuan di lapangan, ada saja warga yang tidak mau membersihkan parit yang sebenarnya ada di depan rumah mereka. Namun membersihkannya menunggu pihak pemerintah.

Sementara jika terjadi kasus DBD, masyarakat langsung diminta dilakukan fogging. Padahal fogging bukan jalan keluar untuk mengatasi DBD, tetapi lebih ampuh jika masyarakat mau melakukan 3M Plus (Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air dan Menimbun barang-barang bekas yang bisa menjadi wadah berkembang biaknya jentik nyamuk. Serta menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air). Sementara dari data terakhir kasus DBD di Kutim tahun 2016, telah terjadi 1053 kasus DBD dan yang telah meninggal dunia akibat DBD sebanyak 13 orang.

(Voice : Dinkes Aisyah – DBD 2016)

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments