Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Harapkan Pengamalan Al-Qur’an Mampu Menjadi Benteng Diri dalam Menghadapi Perubahan Zaman

Bupati Kutim Harapkan Pengamalan Al-Qur’an Mampu Menjadi Benteng Diri dalam Menghadapi Perubahan Zaman

(364 Views) April 19, 2016 6:50 am | Published by | No comment

Sangatta. Bupati Kutai Timur Ismunandar, secara resmi membuka gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-12 tingkat Kabupaten Kutai Timur Tahun 2016, malam tadi, bertempat di Masjid Agung Sangatta. Pelaksanaan MTQ ke 12 tingkat Kabupaten Kutai Timur ini diikuti oleh utusan dari 18 Kecamatan yang ada di Kutai Timur. Beberapa cabang lomba siap mulai diperlombakan pada pagi ini diantaranya, Tartir qur’an, Syahril Qur’an, Musabaqah, Kaligrafi dan masih banyak lagi.

Dalam sambutannya, Bupati Ismunandar berharap gelaran MTQ ke 12 ini bukan hanya semata-mata menjadi ajang lomba. Namun bagaimana pengamalan dan pemahaman akan isi dan kandungan Al-Qur’an benar-benar dapat dilakukan dan diamalkan oleh setiap muslim di Kutai Timur. Terlebih saat ini, seiring dengan program pemerintah Kutai Timur yakni Desa membangun dan terpadu, tentu pembinaan keagamaan akan menjadi salah satu program prioritas pemkab Kutim.

Lanjutnya, pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an diharapkan mampu menjadi benteng manusia dalam menghadapi perubahan zaman dan pergeseran moral dan ahlaq yang saat ini terjadi. Sehingga untuk mewujudkannnya, dianggap perlu untuk mengembalikan pelaksanaan gelaran MTQ mulai tahun depan ke masing-masing kecamatan. Hal ini dilakukan agar semarak, makna dan pengamalan MTQ benar-benar merasuk hingga ke penjuru desa. Selain itu, lembaga pendidikan tilawatil qur’an (LPTQ) tidak hanya bekerja untuk mempersiapkan even MTQ semata, namun diharapkan bekerja berkesinambungan dan terus menerus memberikan pembinaan kepada masyarakat khususnya dalam pendidikan Al-Qur’an. Pembinaan ini sudah dilakukan dan terbukti bahwa peserta MTQ tingkat kabupaten Kutai Timur ke-12 tahun ini, seluruhnya merupakan peserta lokal kecamatan yang ada di Kutim dan mayoritas adalah anak-anak.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments