Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Keluarkan Edaran Antisipasi Ancaman PHK Massal Karyawan dan Buruh di Kutai Timur

Bupati Kutim Keluarkan Edaran Antisipasi Ancaman PHK Massal Karyawan dan Buruh di Kutai Timur

(2913 Views) September 27, 2015 3:20 pm | Published by | 266 Comments

Sangatta. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Timur kembali mengingatkan perusahaan-perusahaan yang  beroperasi di wilayah Kutai Timur untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sporadis hanya karena alasan kurangnya produksi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Timur Abdullah Fauzi.

Kepada awak media, Fauzi mengatakan bahwa menyikapi dampak krisis ekonomi glabal yang menimpa dunia dan berdampak para rendahnya perekonomian dunia dan lesunya dunia bisnis, maka berakibat pada terjadinya PHK massal dihampir seluruh persahaan di Indonesia dan tak terkecuali di Kutai Timur.

Lanjutnya, saat ini Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman sudah menerbitkan Surat Edaran bernomor 560/1373/SKT-Nakertrans tentang upaya pencegahan PHK karyawan/buruh di Kutai Timur. Surat ini menindak lanjuti Surat Gubernur Kaltim nomor 567/4577/Pem.UM.D tanggal 25 Agustus 2015 perihal Rencana PHK, sekaligus menyikapi situasi pelemahan ekonomi global yang berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional terutama yang terjadi di kabupaten Kutai Timur. Sosialisasi edaran ini akan disampaikan dihadapan perwakilan manajemen dari 350 lebih perusahaan baik tambang batubara maupun perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kutai Timur, pada tanggal 30 September 2015 mendatang.

(voice)

Dikatakan Fauzi, jika pemecatan dilakukan karena karyawan atau buruh tersebut menyalahi atau melanggar perjanjian dalam kontrak kerja antara karyawan dengan perusahaan maka pemecatan bisa saja dilakukan, namun tentunya tidak dengan alasan yang mengada-ada seperti menurunnya jumlah produksi dan sejenisnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

266 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments