Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Minta Perusahaan Sawit Perhatikan Kewajiban Plasma

Bupati Kutim Minta Perusahaan Sawit Perhatikan Kewajiban Plasma

(3046 Views) September 30, 2016 7:31 pm | Published by | 219 Comments

Sangatta. Bupati Kutai Timur Ismunandar, meminta kepada seluruh perusahaan perkebunan sawit yang saat ini beropersi di wilayah Kutai Timur untuk benar-benar bisa memenuhi kewajibannnya kepada masyarakat lokal, terutama dalam kewajiban plasma masyarakat. Bahkan kini tidak sedikit perusahaan sawit yang ada di Kutim, bermasalah plasmanya dengan masyarakat hingga akhirnya harus diselesaikan di meja hijau.

Dikatakan Ismu, plasma merupakan kewajiban yang sudah disepakati pihak perusahaan sawit saat akan beroperasi di wilayah Kutai Timur. Bahwa dari luasan area yang dimiliki perusahaan, harus disisihkan 20 persen untuk kegiatan perkebunan plasma masyarakat setempat. Jika kewajiban ini tidak dipenuhi, maka kemungkinan akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pemerintah daerah untuk tidak memperpanjang ijin usaha perkebunan (IUP) atau bahkan mencabutnya.

Lanjut Ismu, namun pemerintah daerah juga tidak mau dengan serta merta langsung bertindak agresif dengan mencabut IUP perusahaan perkebunan yang hingga kini tidak menjalankan kewajiban plasmanya kepada masyarakat lokal. Pemerintah Kutim akan duduk bersama dengan pihak perusahaan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala dan permasalahan mereka sehingga kewajiban plasma kepada masyarakat hingga saat ini belum terpenuhi. Atau apa yang menyebabkan plasma mereka bermasalah dengan masyarakat setempat, hingga harus diselesaikan di jalur hukum.

Karena, ujar Ismu, sebenarnya dirinya sangat berharap kewajiban plasma oleh pihak perusahaan diberikan kepada masyarakat saat perusahaan mulai beroperasi. Saat perusahaan mulai melakukan penanaman sawit, masyarakat juga berbarengan melakukan penanaman. Sehingga saat perusahaan mulai panen, berbarengan juga dengan masyarakat yang mendapatkan hasil tanam sawit mereka.  Dengan demikian tidak menimbukan permasalahan dikemudian hari, jika pihak perusahaan dan masyarakat bisa menikmati hasil kebun berbarengan.

(Voice : Bupati – Plasma)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

219 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments