Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Minta Pengawasan Bumdes Lebih Ditingkatkan Untuk Berikan Kontribusi Bagi Desa

Bupati Minta Pengawasan Bumdes Lebih Ditingkatkan Untuk Berikan Kontribusi Bagi Desa

(15 Views) September 14, 2021 12:49 pm | Published by | No comment

RPD KUTIM, SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman, meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar lebih diawasi lagi. Utamanya, dalam struktur kepengurusan yang ada jangan sampai yang sudah tertata rapi harus diganti dengan mereka tidak terlalu memahami fungsi dari didirikannya Bumdes tersebut.

Sebab menurutnya,  tujuan dari didirikannya Bumdes itu untuk bisa memberikan kontribusi bagi Desa. Hal tersebut ditegaskan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam acaara serah terima mobil dari CSR PT Kaltim Prima Coal (KPC) kepada BUMDes Sangatta Utara, Senin (13/09/21) di Jl Abdul Muis Desa Sangatta Utara.

Ardiansyah menegaskan, salah satu bukti pengawasan yang baik apabila Sisa Hasil Usaha( SHU) langsung diberikan kepada Desa sebagai Pendapatan Desa, maka BUMDes juga harus rutin memberikan laporan kepada Camatnya.

Selanjutnya dikatakan, bahwa bumdes itu disuport oleh semua pihak, baik pemerintah, kpc, dunia usaha terus mendorong bumdes untuk lahir sebagai mana badan usaha lainnya.

Terakhir, Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya PT. KPC yang hari itu juga sudah memberikan kontribusinya kepada Bumdes ini karena tingginya minat masyarakat untuk meningkatkan perekonomian desa.

Sebelumnya, Direktur BUMDes Sangatta Utara Ahmad Rifandi menjelaskan, BUMDes Sangatta Utara yang didirikan tahun 2013 lalu itu, diketahui sudah memberikan kontribusi kepada desa mulai tahun 2017. Terbaru, kontribusi yang diberikan kepada Desa Sangatta Utara sebesar Rp 10 juta per tahun.

Mendengar penjelasan itu, Ardiansyah mengatakan jumlah itu menurutnya masih kecil, merujuk dari aturannya. Untuk itu, dalam kesempatan itu Ia menegaskan dunia usaha harus terus didukung dengan berbagai skema. Disamping itu, dunia usaha juga harus bisa memanfaatkan digital marketing untuk pemasarannya

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments