Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati : Hijaukan Kampung Kita, dan Jaga Satwa Di Kutim

Bupati : Hijaukan Kampung Kita, dan Jaga Satwa Di Kutim

(404 Views) Juni 3, 2016 2:29 am | Published by | No comment

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kutai Timur pagi tadi, Jum’at (3/6) melaksanakan penanaman pohon di jalan seputar Folder Pasar Induk sangatta. Penanaman tersebut dicanangkan Bupati Kutai Timur, Ismunandar yang juga di hadiri Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, Asisten IV Mugeni, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinanan Daerah (FKPD), Polres Kutim, Kodim 0909/Sangatta, Lanal Sangatta, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pelajar, stakeholder yang ada di Sangatta.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar dalam kesemapatan tersebut mengajak semua pihak untuk dapat menghijaukan kampung kita, penanaman pohon bukan hari ini saja tetapi sepanjang masa. Selain itu, Ismu juga meminta semua pihak untuk dapat  menjaga satwa-satwa yang dilingkungan Kutim, contohnya, buaya Supit (Tomistoma Scheillius) dan Buaya Siamese (Siamenses Crocodile) Danau  Suwi di Long Mesangat yang sudah membawa nama baik bagi Kutim, ini harus dijaga dengan baik. Ismu bersyukur karena ada tekat dari Perusahaan, yang ingin menjaga habitatnya bauya-buaya tersebut. Ismu berharap habitat satwa-satwa tersebt dapat dijaga dengan baik, karena merupakan satu-satunya satwa di dunia yang belum terganngu habitatnya.

Voice Bupati Ismunandar

Terpisah, ditemui awak media usai penanaman pohon, Kepala Badan Lingkungan Hidup Ence Ahmad Rafiddin Rizal, mengatakan 200 pohon yang ditanam ini sebagian besarnya adalah tanaman pohom kayu dan beberapa yang tanaman buah. Mengapa lebih besar tanaman pohon, karena tanaman buah cukup riskan, ditakutkan hilang maka dari itu penanaman pohon hari ini yang dilakukan diseberang jalan folder tersebut  lebih banyak ditanami tanaman pohon.

Terkait pemeliharaannya, Rizal menegaskan bahwa pihaknya komit dalam penanaman pohon, selain disekitar folder ini, BLH juga akan melakukan penghijauan kemabli Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Bukit Pelangi, yang ikut terbakar pada musim kemarau tahun lalu. Karena  RTH di Bukit Pelangi masih merupakan lingkungan yang dikelola oleh BLH Kutim, selain perawatan di RTH Bukit Pelangi juga akan dilakukan perwatan tanaman pohon baru ditanama hari ini.

Voice Kepala BLH Ence Ahmad Rafiddin Rizal

Lebih jauh, Rizal menjelaskan penanaman hari ini, merupakan tahap awal saja selanjut juga akan ada penanaman pohon berikutnya. Untuk bibit Rizal mengungkapkan, disiapkan sebanyak 500 bibit, namun sebagaian tersebarkan di Kecamatan karena ada permintaan. Penanaman pohon disekitar folder ini dilakukan bertahap karena kebutuhan disepanjang jalan yang ditanami itu, membutuhkan tiga ratusan lebih, bibit dilokasi tersebut.

Lebih jauh, Rizal berharap penanaman pohon bukan hanya menjadi kepdulian dari BLH saja, namun  kepedulian atau keterlibatan dari semua pihak, sehingga lingkungan di Kutai Timur dapat hijau.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments