Menu Click to open Menus
Home » Acara » Bupati Pimpin Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Bupati Pimpin Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

(167 Views) Juni 1, 2018 4:58 pm | Published by | No comment

Ismunandar (Bupati Kutai Timur) saat upacara peringatan hari lahir pancasila ke tujuh puluh tiga di Ruang Akasia ( foto by khusnul khotimah )

Sangatta – Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir pancasila ke tujuh puluh tiga di Kutai Timur berlangsung di Ruang Akasia Gedung Serbaguna Bukit Pelangi, yang dipimpin langsung Bupati Kutai Timur, Ismunandar, Jum’at, 1 Juni.

Dengan menggunakan pakaian adat khas Kutai, Ismunandar membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang berisi, pancasila adalah berkah Tuhan Yang Maha Esa kepada kita,melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Dalam amanat tersebut juga menyampaikan bahwa Pancasila pertama kali di uraikan  secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. Rangkaian proses besar tersebut harus diingat. Tugas dan kewajiban kita untuk memastikan pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

Ditemui usai pelaksanaan upacara, Ismu menyampaikan pandangan pribadinya terhadap peringatan Hari Lahir Pancasila, yang menurutnya penting untuk mengingat kembali sejarah, seperti diketahui dahulu pelajaran pancasila sudah ditanamkan sejak dini. Inilah pentingnya, penanaman nilai-nilai pancasila dikehidupan, karena akan menumbuhkan rasa toleransi, persatuan dan kesatuan, nilai-nilai luhur yang harus dipertahankan. Jika tidak, maka persatuan akan menjadi rapuh sehingga akan mudah dimasukki oleh paham-paham radikalisme yang menyebabkan perpecahan.

Pelaksanaan upacara tersebut dihadiri para pejabat PNS, Ketua dan Anggaota DPRD, jajaran TNI-Polri, serta para pelajaryang diantarranya banyak menggunakan pakaian-pakaian adat Dayak dan Kutai.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Bupati Pimpin Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.