Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Butuh Rp 5 Miliar Beli Peralatan Obgyn, Pemerintah Kutim Hanya Penuhi Tiga Perempat Usulan Anggaran RS Pratama Sangkulirang

Butuh Rp 5 Miliar Beli Peralatan Obgyn, Pemerintah Kutim Hanya Penuhi Tiga Perempat Usulan Anggaran RS Pratama Sangkulirang

(1037 Views) November 8, 2016 5:59 pm | Published by | No comment

rspratama-sangkulirang_20160306_232340

Sangatta. Walaupun telah resmi beroperasi sejak 25 September 2016 lalu, namun Rumah Sakit Pratama Sangkulirang masih sangat membutuhkan berbagai macam pembenahan dalam kekurangan. Diantaranya, sebagai Rumah Sakit bertipe D, harus dilengkapi dengan ruangan dan peralatan bedah, obgyn, serta radiologi. Untuk itulah pada anggaran perubahan tahun ini, RS Pratama Sangkulirang mengajukan pembelian peralatan bedah, obgyn dan radiologi.

Kepala Dinas kesehatan Kutim, dr Aisyah mengatakan bahwa dalam usulan anggaran yang diajukan pada anggaran perubahan tahun ini, ada sekitar Rp 5 miliar yang diajukan untuk pembelian sejumlah peralatan medis beserta perlengkapannya untuk kegiatan operasi dan obgyn, serta radioligi. Usulan ini sudah diajukan dan mendapatkan disposisi Bupati dan Sekda Kutim, tinggal menunggu realisasi persetujuan berapa anggaran yang bisa dikucurkan untuk pembenahan kelengkapan RS Pratama Sangkulirang.

Terlebih saat ini pihaknya juga sudah mengajukan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar untuk mendatangkan dokter spesialis obgyn dan bedah. Sehingga jangan sampai dokter bedah dan obgyn telah datang, namun peralatan penunjang kerja mereka belum tersedia. Karenanya Aisyah sangat berharap pemerintah Kutim bersedia membantu mengalokasikan anggaran tambahan untuk RS Pratama Sangkulirang ini.

(Voice : Dinkes Aisyah – Ajukan 5 M untuk Peralatan Operasi dan Obgyn)

Lebih jauh, Aisyah juga meminta agar bisa dilakukan pembenahan untuk ruang operasi. Karena ruang operasi saat ini belum sesuai standar, termasuk belum tersedianya air conditioner (AC) sentral. Sehingga ada baikknya pembenahan rungan dilakukan terlebih dahulu sebelum peralatan operasi datang.

Sementara itu, Plt Sekda Kutim, Irawansyah mengatakan bahwa pemerintah Kutim sangat memberikan perhatian penuh dalam upaya pemenuhan kelengkapan operasional RS Pratama Sangkulirang. Namun diakuinya, bahwa kondisi keuangan yang mengalami defisit saat ini sangat sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan RS Pratama Sangkulirang secara penuh atau full. Untuk itu melalui anggaran perubahan (APBD-P) tahun ini kemungkinan pemerintah Kutim baru bisa memenuhi tiga perempat dari usulan anggaran yang diajukan. Sementara sisanya baru bisa dipenuhi dalam anggaran murni tahun depan.

(Voice : Plt Sekda Irawansyah – Anggaran Tambahan RS Pratama Sangkulirang)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments