Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » CAMAT DIMINTA UPAYAKAN DUA DESA MANDIRI DISETIAP KECAMATAN

CAMAT DIMINTA UPAYAKAN DUA DESA MANDIRI DISETIAP KECAMATAN

(405 Views) Agustus 2, 2016 6:57 am | Published by | No comment

Sangatta – Bupati Kutai Timur Ismunandar menginstruksikan kepada camat untuk mengupacakan desa-desa di kecamatannya untuk menuju desa mandiri, menurutnya setidaknya harus ada satu atau dua desa yang mandiri di setiap kecamatan, hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan coffee Morning bersama para camat di ruang merenti kantor Bupati Kemarin (1/8).

Saat ini di Kutai Timur tercatat empat Desa masuk katagori mandiri, seratus enam desa masuk katagori desa berkembang dan dua puluh tiga desa di katagori tertinggal. Dengan dana desa dua sampai dengan lima milyar yang akan bergulir ke semua desa diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa dan dapat mendorong desa-desa tertinggal dan berkembang menjadi desa mandiri.

Menurut Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, setiap kecamatan memiliki potensi keunggulaan daerah yang menonjol. Potensi ini nantinya dapat dikembangkan untuk menjadikan desa tersebut menjadi desa mandiri tentunya dengan bantuan berbagai pihak seperti SKPD terkait.

Beberapa hal yang harus dimiliki desa untuk menuju desa mandiri yakni harus memiliki potensi sumberdaya alam, sumber daya manusia, potensi prasarana dan sarana yang besar, potensi spesifik produk yang menonjol, memenuhi kebutuhan desa dan dapat dijual keluar desa, tingkat kemiskinan penduduk desa di bawah rata-rata, tingkat pemberdayaan wanita didalam kegiatan sosial ekonomi dan yang lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments