Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Camat Karangan Ajak Masyarakat Petani Kelapa Sawit Perorang Bernaung dibawah Koperasi

Camat Karangan Ajak Masyarakat Petani Kelapa Sawit Perorang Bernaung dibawah Koperasi

(2545 Views) Maret 2, 2016 1:58 pm | Published by | 195 Comments

Sangatta – Camat Karangan Abdurahman mengawali presentasi dari Kepala Desa-Kepala Desa di Kecamatan Karangan pada Musrenbang yang dilaksana pada haeri selasa (1/3/16), mengungkap ada isu yang sedang berkembang tengah masyarakat bahwa tanaman kepala sawit selain plasma sekarang sudah meramba kepada masyarakat. Namun buah dari hasil panen buah sawit milik petani perorangan belum terakomodir dengan baik.

Tetapi kepada petani perorangan/perkelompok Abdurahman sudah menyarankan agar masyarakat yang memiliki tanaman sawit ini bisa langsung dinaungi oleh koperasi. Hal ini dikatakan Abdurahman berangkat dari pengalamannya sebagai camat di Kecamatan Muara Wahau bahwa disana tidak ada pencurian buah sawit karena semua perusahaan sudah bekerja sama dengan Koperasi.

Lebih lanjut dikatakan di karangan ini hanya murni petani yang harga sawit dihargai oleh tenggulak hanya seharga Rp 600,- perkilo, sementara Perusahaan-Perusahaan yang ada enggan untuk menerima secara langsung buah sawit masyarakat dengan harga yang telah diatur oleh Pemerintah.

Diakuinya sekarang ini Dia sudah mulai mengajak masyarakat Kecamtan karangan yang memiliki Kelapa Sawit agar bergabung dalam naungan Koperasi sehingga hasil panen bauh sawitnya dapat terakomodir, selanjut Koperasi akan melakukan kerja sama dengan Para Perusahaan. Lebih jauh Abdurahman menuturkan bahwa diketahui sekarang perusahaan tidak dapat lagi menambah lahan, karena lahan sudah habis. Untuk menambah bisnis kebun hanya tinggal bekerja sama dengan masyarakat, sehingga buah sawit akan aman tidak ada pencurian.

Voice (Camat Karangan Ajak Gabung diKoperasi)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

195 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments