Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Camat Tak Datang, Bupati Tunda Rapat AIDS

Camat Tak Datang, Bupati Tunda Rapat AIDS

(407 Views) November 13, 2015 7:03 am | Published by | No comment

Sangatta. Permasalahan peningkatan pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Kutai Timur khususnya di Kecamatan Sangatta Utara dan Muara Wahau ternyata masih sedikit pandang enteng bagi sebagian pemangku kebijakan. Hal ini terlihat dari ketidak hadiran Camat Sangatta Utara dan Muara Wahau dalam rapat laporan khusus perkembangan HIV/AIDS kuartal ketiga tahun 2015, yang dilaksanakan pagi tadi di ruang Arau Kantor Bupati Kutai Timur. Akibat ketidak hadiran beberapa pejabat penting tersebut akhirnya membuat Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman marah dan menunda pelaksanaan rapat hingga Senin (16/11) pekan depan.

Ditemui usai keluar dari ruang rapat, Ardiansyah dengan wajah agak kesal mengatakan bahwa ketidak hadiran para Camat ini otomatis membuat kebijakan di kedua Kecamatan ini tidak dapat diambil. Padahal kasus baru ditemukan cukup tinggi di kedua kecamatan ini selama tahun 2015 ini, yakni 19 kasus baru HIV/AIDS di Muara Wahau dan 12 kasus baru di Kecamatan Sangatta Utara. Bukan hanya meminta camat datang langsung pada rapat yang akan datang, Ardiansyah juga meminta dihadirkan pejabat Dinas Kesehatan dan Puskesmas, termasuk para tenaga viciti yang telah terlatih dalam penangan pengidap HIV/AIDS dimasing-masing Puskesmas dan RSUD Kutim.

Menurutnya, mengapa hal ini menjadi sangat penting dan tidak boleh dianggap enteng, karena penyebaran HIV/AIDS di Kutim sudah cukup memprihatinkan. Hal ini jangan sampai menjangkit kepada masyarakat yang tidak pernah bersentuhan dengan AIDS seperti ibu rumah tangga atau balita dan anak-anak yang kemudian terjangkit dan mengidap AIDS dari suami atau ayah mereka yang “jajan” ke lokalisasi pelacuran.

Sehingga harus ada tindakan konkrit yang diambil Pemkab Kutim untuk menekan angka penyebaran HIV/AIDS dan tidak hanya sekedar rencana-rencana dan mengeluh karena keterbatasan anggaran.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments