Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Capaian Imunisasi MR Baru 43%, Camat Diminta Sosialisasi

Capaian Imunisasi MR Baru 43%, Camat Diminta Sosialisasi

(208 Views) September 3, 2018 9:55 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Sejak dilauncing pada satu bulan lalu, capaian imunisasi MR di Kutai Timur baru mencapai empat puluh tiga persen, dari target yang ditentukan yakni sebanyak seratus tiga ribu anak. Untuk mendongkrak angka tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Bahrani Hasanal meminta para camat, untuk ikut mensosialiasikan di Kecamatannya.

Pada rapat Coffee Morning yang dipimpin Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Timur , Irawansyah, di kantor Bupati Kutai Timur, Senin, 3 September, Bahrani melaporkan lambatnya pencapain imunisasi MR, dikarenakan adanya persoalan halal-haram beberapa waktu lalu. Namun untuk saat ini, menurutnya sudah ada keterangan dari MUI, bahwa vaksin mr tersebut boleh digunakan, sambil menunggu vaksin yang lebih baik. Namun menurutnya, jika menunggu proses vaksin yang lebih baik dari yang ada saat ini, akan memakan waktu selama dua puluh tahun.

Bahrani menambahkan, vaksin mr sudah menjadi imuniassi rutin di seratus empat puluh tiga Negara di Asia, termasuk Negara-negara muslim. Kasus rubella sendiri menurutnya sudah ditemukan sebanyak empat puluh enam ribu penderita se-asean, memang jumlah tersebut sedikit dibandingkan jumlah keseluruhan penduduk, namun efek yang diderita penderaita sangat membebani.

Macam-mcam efek yang ditimbulkan rubella jika mengenai ibu pada trimester kehamilan pertama diantaranya, bisa membesarkan kepala, kebutaan mata, tuli, cacat jantung, saraf serta gizi kurang, untuk pengobatan-pengobatan penyakit tersebut tentunya akan membebani ekonomi, oleh karena itu, Negara berkomitmen untuk memberantas penyakit tersebut melalui imunisasi.

Tidak berbeda, Irawansyah juga meminta partisipasi para camat untuk mengkampanyekan imunisasi mr, Ia berharap pencapaian akan segera meningkat.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Capaian Imunisasi MR Baru 43%, Camat Diminta Sosialisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.