Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Cegah Karhutla 2020, Pemkab Kutim Libatkan Babinsa Hingga Kamtibmas Dalam Penangananya

Cegah Karhutla 2020, Pemkab Kutim Libatkan Babinsa Hingga Kamtibmas Dalam Penangananya

(26 Views) Mei 19, 2020 4:51 am | Published by | No comment

SANGATTA –  Dalam rangka memaksimalkan pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) tahun 2020, Pemerintah kabupaten Kutai Timur akan melibatkan berbagai unsur lembaga untuk mensosialisasikan bahaya karhutla khususnya pada sejumlah titik- titik hotspot yang selama ini diwaspadai.

Dikatakan Bupati Ismunandar, walaupun kebakaran yang lalu masih terbilang kecil dan tidak berpotensi besar seperti sebelum- sebelumnya namun ada beberapa lahan gambut yang harus menjadi perhatian. Jika tidak, maka titik- titik itu bisa berbahaya untuk hutan dan  lahan di Kutim yang dianggap cukup rawan. Salah satu contoh di Kecamatan Muara Ancalong dengan lahan gambut yang selama ini terus diwaspadai agar tidak ada pembakaran lahan secara ilegal disana.

Untuk itu, Pemkab kutim akan melibatkan Babinsa hingga Babinkamtibmas di Kecamatan agar intens memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya Karhutla dan menghindari melakukan pembakaran di lahan- lahan gambut.

Sementara itu mengenai akses legal penggunaan lahan oleh Perusahaan, Ismu menyebut Pemerintah sudah ada kesepakatan melalui MOU dengan perusahaan yang bertujuan untuk menangani Karhutla secara bersama. Baik perusahaan yang ada di Ibukota maupun di Kecamatan dan Desa.

Bupati Kutim Ismunandar Didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang dalam Vidcon Gubernur Kaltim bersama Sekjen KemenLHK RI dalam rangka pencegahan karhutla tahun 2020, Di Ruang Rapat Kominfo, Senin (18/5/20).

Rapat secara virtual itu juga dihadiri semua FKPD di Kutim, mulai Polres, Kodim 0909 Sangatta, Lanal, Kejari, Pengadilan Negeri Sangata dan OPD lainnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of