Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Cegah Mers Cov, Dinkes Kutim Gelar Penyusunan Rencana Kontijensi

Cegah Mers Cov, Dinkes Kutim Gelar Penyusunan Rencana Kontijensi

(437 Views) Mei 22, 2018 5:29 pm | Published by | No comment

Pelatihan pencegahan terhadap Middle East respiratory syndrome Coronavirus  di hotel victoria ( foto by khusnul khotimah )

Sangatta – Meski belum ditemukan kasusnya di Kutai Timur, pencegahan terhadap Middle East respiratory syndrome Coronavirus (Mers Cov) yang biasa dikenal dengan flu arab sudah mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.  Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Rencana Penyusunan Kontijensi Penanggulangan Mers digelar di Hotel Victoria, Sangatta Utara, Selasa, 22 Mei.

Pelatihan yang diikuti seluruh perwakilan instansi Pemerintah dan non pemerintah tersebut, rencananya berlangsung selama dua hari, hingga Rabu, 23 Mei.

Menurut Kepala Dinkes Kutai Timur, dr. Bahrani Hasalan, Mers dapat dengan mudah menular melalui percikan udara yang keluar dari penderita saat bicara, virus ini bisa berakibat menurunkan imunitas tubuh, diare dan berbagai penyakit lainnya, hingga berakibat kematian.

Bahrani menambahkan, pencegahan virus tersebut dapat dilakukan dengan penerapan hidup sehat dan bersih, salah satunya dengan menggunakan masker jika berpergian ke luar daerah atau ke luar negeri, dan mencuci rajin tangan serta mencuci makanan yang akan dimakan, seperti saat memakan buah.

Membuka kegiatan tersebut Bapati Kutai Timur, Ismunandar menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut, menurutnya, kewaspadaan dini perlu dilakukan, jangan sampai nantinya sudah mewabah baru panik.

Ismu berharap seluruh peserta yang datang dapat memberikan infomasi yang lebih luas lagi bagi lingkungannya.

Sebelumnya, laporan Ketua Panitia Pelaksana, dr. Yuana Trikurniawati menyampaikan tujuan dari penyusunan kontijensi menyelenggarakan kesiapsiagaan dalam menghadapi wabah mers di Kutai Timur, sedangkan tujuan khususnya adalah melaksanakan surverlen dan respon KLB atau wabah serta melaksanakan tatalaksana kasus sesuai standar.

Virus yang ditemukan pertamakali di Arab Saudi tersebut merupakan jenis penyakit, yang menyerang saluran pernapasan dengan gejala awal batuk, demam serta nafas yang pendek.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Cegah Mers Cov, Dinkes Kutim Gelar Penyusunan Rencana Kontijensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.