Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Cegah Perilaku Menyimpang, Disdikbud Kutim Larang Perayaan Valentine Days bagi Pelajar

Cegah Perilaku Menyimpang, Disdikbud Kutim Larang Perayaan Valentine Days bagi Pelajar

(443 Views) Februari 12, 2016 9:03 am | Published by | No comment

Sangatta. Valentine Days atau yang dikenal dengan hari kasih sayang, merupakan hari yang dianggap sebagai simbol dalam mengungkapkan kasih sayang, yang dirayakan setiap 14 Pebruari tiap tahunnya. Namun kebudayaan barat yang kemudian disadung oleh sebagian masyarakat khsusnya kaum muda-mudi ini kemudian menjadi ajang perilaku menyimpang. Bahkan di sebagian daerah, perayaan valentine days ini dilakukan dengan berpesta minuman keras dan melakukan hal-hal yang tak selayaknya dilakukan pasangan muda-mudi. Untuk mencegah terjadinya perilaku menyimpang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Timur, secara resmi mengeluarkan surat edaran perayaan valentine bagi pelajar di Kutim, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Kepala Disdikbud Kutai Timur Iman Hidayat, mengatakan pihaknya secara resmi sudah mengeluarkan surat edaran larangan bagi seluruh pelajar di Kutai Timur untuk merayakan valentine days. Hal ini bercermin pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, bahwa moment perayaan valentine days kemudian disalahartikan oleh para pelajar untuk berbuat negatif.

Lanjut Iman, pengawasan secara menyeluruh sudah diperintahkan kepada pihak sekolah. selain itu, surat edaran ini juga ditembuskan langsung kepada orang tua dan wali siswa. Jika nantinya kedapatan ada pelajar yang berani merayakan valentine days, maka sanksinya akan diberikan sesuai dengan ketentuan disiplin di sekolah. Selain itu, pihaknya juga menggandeng Satpol PP untuk melakukan pengawasan dan penertiban terkait edaran tersebut.

(Voice)

Lebih jauh dikatakan Iman, selain mencegah perilaku menyimpang dan negatif, hal ini dilakukan karena peringatan valentine days bukan lah cerminan budaya Indonesia. Pemuda dan pemudi khusunya pelajar diharapkan mampu merealisasikan nilai-nilai karakter dan kepribadian yang mencerminkan Norma Sosial, Agama atau Religius dan Budaya Bangsa Indonesia. Sesuai pengjabaran Kurikulum 2013. Isi Surat Edaran Disdikbud

1. Melarang siswa merayakan Valentine Day/kasih sayang baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

2. Memerintahkan guru untuk tetap memberikan pengawasan, arahan dan bimbingan kepada siswa agar tidak merayakan valentine day

3. Menanamkan sikap dan perilaku berkarakter dalam lingkungan sekolah sesuai dengan budaya dan norma uang berlaku.

4. Apabila terdapat siswa yang kedapatan melaksanakan valentine day/kasih sayang maka sekolah dapat memberikan sanksi sesuai dengan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut.

5. Menghimbau kepada orang tua/wali murid agar mengawasi putra-putrinya untuk mengikuti isi surat edaran ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments