Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Cegah Virus Corona, Dinkes Kutim lakukan Kesiapsiagaan Hingga Penyediaan Fasilitas

Cegah Virus Corona, Dinkes Kutim lakukan Kesiapsiagaan Hingga Penyediaan Fasilitas

(38 Views) Februari 18, 2020 4:33 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Untuk mencegah dan menanggulangi Virus Corona Di Indonesia dan Kutai Timur pada khususnya, Dinkes Kutim melaksanakan beberapa hal antara lain kesiapsiagaan melalui koordinasi, deteksi dini serta respon di pintu masuk negara.

Hal ini, sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 104 tahun 2020 tentang penetapan infeksi novel Corona sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah dan upaya penanggulangan.

Untuk mencegah sedini mungkin apabila terinfeksi virus corona, pemerintah telah membangun sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan perawatan jika terjadi suspec corona seperti ruang isolasi perawatan. Ruang isolasi tersebut dibangun di RSUD Kudungga dengan dilengkapi fasilitas lainnya seperti alat pelindung diri (APD), alat pemeriksaan lengkap satu set, hingga pemeriksaan laboratorium.

Diungkapkan M. Yusuf, Kabid Pencegahan Dan pengendalian penyakit Dinkes Kutim, (18/2/20).

Nantinya, siapapun yang sedang dalam pengawasan masuk dalam wilayah tersebut harus menggunakan pelindung diri yang lengkap seperti yang bisa dilihat dilayar televisi itu. demikian juga mereka yang bertugas harus dilengkapi APD. selain RSUD Kudungga, Pemerintah juga berupaya untuk membangun fasilitas tersebut di rumah sakit swasta lainnya yang ada di Kutim.

Selain telah menyediakan ruang isolasi, pemerintah bersama KKP Samarinda, KPP wilayah sangatta juga sudah melakukan koordinasi dengan keimigrasian, Disnakertrans, hingga Perusahaan dan semua sektor lainnya bagaimana mengantisipasi  agar tidak ada faktor resiko yang ditimbulkan apabila ada warga asing yang masuk ke Kutim.

Voice Amelia

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of