Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Contoh Kali Ciliwung, Pemerintah Kutim Berencana Rehabilitasi Pemukiman Penduduk di Bantaran Sungai Sangatta

Contoh Kali Ciliwung, Pemerintah Kutim Berencana Rehabilitasi Pemukiman Penduduk di Bantaran Sungai Sangatta

(2401 Views) Desember 16, 2015 9:00 am | Published by | No comment

Sangatta. Kesan kumuh, kotor dan tidak sehat yang terlihat di sepanjang bantaran sungai Sangatta akibat padatnya pemukiman warga, membuat Pemkab Kutai Timur berencana akan melakukan rehabilitasi terhadap bantaran sungai Sangatta tersebut. Rencana ini disampaikan Camat Sangatta Utara Didik Herdiansyah.

Kepada IDC FM, Didik mengatakan akibat padatnya pemukiman warga yang ada di sepanjang bantaran Sungai Sangatta membuat pemerintah Kutim berencana akan melakukan pembenahan terhadap rumah-rumah warga yang ada di sepanjang Sungai Sangatta. Dari hasil kajian yang dilakukan Universitas Hasanuddin Makassar sebagai tenaga konsultan, diketahuinya ada dua opsi yang disodorkan kepada Bappeda Kutim yaitu melakukan rehabilitasi terhadap pemukiman penduduk di sepanjang bantaran Sungai Sangatta ataukah melakukan relokasi atau pemindahan terhadap penduduk yang ada. Namun sepertinya saat ini pemerintah Kutim masih condong kepada opsi rehabilitasi pemukiman penduduk. Pasalnya jika melakukan relokasi, selain harus mengeluarkan biaya hingga triliunan rupiah, pemerintah Kutim juga pasti akan terbentur dengan permasalahan pembebasan lahan, baik ganti rugi bangunan yang ada hingga harus menyiapkan lahan baru bagi pemukiman warga yang terkena direlokasi atau penggusuran.

Disebutkan, konsep reklamasi dan rehabilitasi sepanjang bantaran sungai Sangatta ini menyadur konsep kali ciliwung di Jakarta. Pemukiman sepanjang bantaran sungai akan ditata ulang dan sungai dapat dijadikan kawasan wisata sungai dengan disediakan joging track di sepanjang bantara sungai. Sementara wilayah bantaran sungai yang akan dilakukan rehabilitasi yakni mulai Gang Mujur Jaya hingga Gang Durian Sangatta Utara. Namun proyek rehabilitasi bantaran sungai yang rencananya akan mulai dilaksanakan tahun depan ini, tidak hanya dilakukan di bantaran sungai Sangatta yang ada di wilayah Sangatta Utara tetapi juga pemukiman penduduk yang ada di sepanjang bantaran Sungai Sangatta yang ada di wilayah Sangatta Selatan.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Didik, karena kewenangan pemeliharaan Sungai saat ini adalah domain pemerintah provinsi Kaltim, maka rencana rehabilitasi yang diperkirakan bakal menelan anggaran hingga Rp 150 miliar ini juga akan mendapatkan subsidi silang dari pemprov Kaltim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments