Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Dalam 10 Bulan, Lebih dari 5000 Warga Sangatta Utara Lakukan Tes HIV/AIDS

Dalam 10 Bulan, Lebih dari 5000 Warga Sangatta Utara Lakukan Tes HIV/AIDS

(108 Views) November 6, 2018 4:44 pm | Published by | No comment

Sangatta – Sebagai salah satu daerah penyumbang penderita HIV/AIDS di Kutai Timur, Sangatta Utara melalui petugas kesehatannya, terus menyampaikan edukasi mengenai pemeriksaan HIV/AIDS kepada warganya, diantaranya melalui posko kesehatan puskesmas Sangatta Utara dan Teluk Lingga. Dalam tahun ini, terhitung hingga akhir Oktober, terdata sudah lebih dari lima ribu warga yang datang memeriksakan diri, di dua puskesmas tersebut.

Ditemui pada pelaksanaan pemeriksaaan “ Deteksi Dini Penyakit Menular, di Kantor Bupati Kutai Timur, Selasa, 6 November, Penanggung Jawab program HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Rika Oktora mengatakan, banyak diantara warga yang datang ke puskesmas sebenarnya dengan keluhan penyakit, namun ketika dilakukan tes, diketahui terjangkit HIV, jadi tidak sengaja datang untuk pemeriksaan HIV. Namun tidak sedikit juga yang memang sengaja untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini.

Untuk diketahui, dalam setahun Dinkes Kutai Timur menargetkan, Sembilan ribu tiga ratus lima puluh orang yang melakukan pemeriksaan, sementara untuk logistic pemeriksanaan sendiri terdata cukup. Menurut Rika, dukungan Pemerintah sangat serius dalam memerangi HIV, yakni dengan mengalokasikan dana yang dari APBD dan APBN, serta alokasi dana di APBD Perubahan.

Data HIV penderita di Kutai Timur sendiri, diketahui dari Sistem informasi HIV/AIDS (SIHA), diketahui ada peningkatan penderita sampai dengan tahun ini. Mulai dari tahun 2015, jumlah positf HIV sebanyak lima puluh empat orang, dan sempat mengalami penurunan di 2016, namun kembali mengalami peningkatan di tahun 2017 yakni seratus Sembilan orang. Untuk 2018 sampai dengan saat ini, sudah sebanyak empat puluh lima orang penderita.

Voice : Khunsul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Dalam 10 Bulan, Lebih dari 5000 Warga Sangatta Utara Lakukan Tes HIV/AIDS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.